Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

  081902321010   021-62321010   sales@safetyworld.co.id

Cara Merawat Peralatan Safety Agar Tetap Awet

4 months ago - Penulis Elizabeth Sarah
Cara Merawat Peralatan Safety Agar Tetap Awet

Walaupun alat safety dikenal kuat dan tahan lama, namun tetap harus membutuhkan perawatan. Ada perawatan khusus untuk menjaga kualitas peralatan safety tetap prima dan tetap awet. Oleh karena itu, perawatan harus dilakukan secara teratur dan efektif. Sebagian orang masih kurang paham mengenai langkah-langkah cara merawat peralatan safety yang benar. Tidak perlu khawatir, karena kita akan bahas bagaimana cara merawat peralatan safety agar tetap awet. 

  

Cara Merawat Peralatan Safety Secara Umum 

1. Simpan Peralatan Safety dengan Baik 

Simpanlah semua peralatan safety dengan baik dan ditempatnya setelah selesai menggunakan. Jangan biarkan peralatan safety taruh di sembarang tempat, misal meletakkan helmet di bangku, atau di rak sepatu. Karena hal ini bisa menyebabkan kerusakan. Dan pastikan juga untuk menyimpan peralatan safety di tempat yang kering dan bersih. 

2. Bersihkan Peralatan Safety Secara Berkala

Kamu harus sempatkan waktu untuk membersihkan peralatan safety secara berkala. Terutama membersihkan alat-alat safety ketika sudah selesai digunakan. Misalnya, helmet dan sepatu safety bisa dibersihkan dengan lap yang lembab. Jangan menggunakan bahan kimia yang keras karena bisa merusak permukaannya. 

3. Hindari Suhu Ekstrem

Hindarkan peralatan safety terpapar dari suhu ekstrem. Misalnya, jangan meninggalkan helmet safety di dalam mobil saat cuaca terlalu panas atau terlalu dingin. Karena suhu ekstrem dapat berdampak pada penurunan kualitas peralatan safety dan dapat mengurangi umur pakainya. 

4. Periksa Peralatan Safety Sebelum Dipakai

Pastikan memeriksa peralatan safety secara teratur. Terutama, selalu biasakan untuk periksa kondisi peralatan safety, seperti masih berfungsi dengan baik. Jika peralatan safety terdapat kerusakan, kamu bisa memutuskan untuk tidak pakai, tapi bisa menggunakan peralatan safety cadangan lainnya. Sebaiknya, pengecekan bisa dilakukan sehari sebelum bekerja. 

5. Ganti Jika Perlu

Terakhir, jika peralatan safety sudah rusak atau sudah tidak layak pakai lagi, pastikan kamu menggantinya dengan baru. Tidak perlu menunggu sampai peralatan safety tersebut benar-benar rusak karena hal ini bisa membahayakan keselamatan kamu saat bekerja.  

 

Cara Merawat Peralatan Safety Secara Spesifik 

1. Perawatan Kacamata Safety 

Kacamata safety ini sangat sensitif sehingga membutuhkan kehati-hatian dalam proses perawatannya. Hindari kacamata safety ini dari kondisi ekstrem, debu, kelembapan, dan bahan-bahan kimia yang dapat merusak alat ini. Jadi, kamu harus memeriksanya secara berkala dan cara penyimpanannya harus tepat di tempat yang di jamin kebersihannya.

2. Perawatan Sepatu Safety 

Periksa sepatu safety sebelum digunakan bekerja, di cek dari kebersihannya maupun keamanannya saat digunakan. Jika saat pengecekan ditemukan ketidak layakan atau tidak memenuhi syarat untuk digunakan dari sepatu safety. Maka, langsung di buang dan jangan sampai dipaksa untuk digunakan. Karena hanya akan mengancam keselamatan kaki pekerja. 

3. Perawatan Masker/Respiratory Protection

Jika bukan masker sekali pakai, usahakan setelah menggunakannya disimpan di tempat yang tepat dan bersih, serta lakukan pembersihan secara berkala. Hindari dari debu-debu yang ekstrem yang bisa membuat masker tersebut kotor. 

4. Perawatan Helm Safety 

Helm Safety ini perlu memperhatikan cara perawatan yang benar, jangan sampai kamu menggunakan kain kasar untuk membersihkannya. Hindari helm safety dari timpukan benda-benda keras. Letakkan helm safety pada tempat yang aman dan jauh dari kelecetan akibat gesekan alat-alat tertentu serta dari bahan kimia, solvet, minyak, ataupun bahan berbahaya lainnya yang dapat merusak alat pelindung kepala ini. Hindarkan juga menyimpan helm safety dengan cara di tumpuk, hal ini bisa menyebabkan helm safety rusak karena terjatuh.

5. Perawatan Pakaian Kerja

Pakaian kerja biasanya meliputi coverall, rompi, dll. Alat ini juga tidak kalah pentingnya untuk dirawat. Pakaian kerja sekali pakai (dipakai hanya sekali) tidak boleh digunakan kembali atau di cuci. Jika digunakan kembali, kamu dapat terpapar pestisida dari penggunaan sebelumnya. Jika dicuci, kain/lapisan pada barang tersebut dapat rusak dan tidak akan melindungi saat digunakan lagi. Jika pakaian yang bisa dipakai berkali-kali, perlu dicuci setelah digunakan. Usahakan untuk letakkan jauh dari api atau percikan bahan kimia yang membuat pakaian kerja mengalami kerusakan.  

 

Inilah beberapa cara merawat peralatan safety secara umum dan spesifiknya dengan baik dan benar. Kamu harus merawat semua peralatan safety yang digunakan untuk menjaga ketahanan dan keamanan saat bekerja. Jika, peralatan safety kamu sudah tidak layak pakai dan ingin menggunakan yang baru, kamu bisa membelinya di SAFETY WORLD yang bisa kamu dapatkan di Shopee atau Tokopedia.