Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

  081902321010   021-62321010   sales@safetyworld.co.id

Tips Membeli Alat Pelindung Diri yang Tepat dan Berkualitas

9 months ago - Penulis Elizabeth Sarah
Tips Membeli Alat Pelindung Diri yang Tepat dan Berkualitas

Kerja lapangan seperti area tambang, konstruksi, minyak dan gas, dll merupakan pekerjaan yang memiliki tingkat risiko tinggi. Maka dari itu, penting menggunakan alat pelindung diri (APD) di tempat bekerja. Perusahaan wajib menyediakan APD bagi pekerja di tempat kerja, dan perusahaan harus pastikan Alat Pelindung Diri tersebut berkualitas prima. Di artikel ini, kami akan membahas tentang tips membeli Alat Pelindung Diri yang tepat dan berkualitas sehingga Anda tidak salah membelinya. Nah, apa saja tipsnya? Yuk, simak berikut ini!  

7 Tips Membeli APD yang Tepat dan Berkualitas  

1. Ketahui Toko Produk APD yang Terpercaya dan Terlengkap

Hal pertama yang harus Anda pastikan ketika membeli adalah sudah mengetahui toko yang menjual APD terpercaya dan lengkap. Kamu bisa membelinya secara online maupun offline. Jika membeli online, kamu harus melihat rating dan review dari toko tersebut terlebih dahulu dan pastikan toko tersebut adalah resmi. Jika kamu lebih suka membeli secara offline, kamu bisa mendatangi langsung ke tempat toko tersebut, atau bisa menelepon dari nomor telepon customer service untuk memastikan APD yang kamu butuhkan tersedia. Selain itu, pilih toko yang memiliki harga termurah yang sesuai dengan pasarannya. Anda masih bingung toko yang menjual APD yang terpercaya, terlengkap, dan termurah? Nggak usah khawatir, Anda bisa membelinya di Safety World yang bisa membeli nya di Shopee atau di Tokopedia 

2. Standar Produksi dari Setiap Alat Pelindung Diri yang dipasarkan

Sebelum Anda membeli, Anda harus memahami standar produksi dari masing-masing produk Alat Pelindung Diri. Standar yang diakui dalam industri produk keselamatan seperti AS, ANSI, EN, SNI, dll. Maka dari itu, standar produksi sangat penting untuk diperhatikan supaya saat dipakai sudah dipastikan aman dan memenuhi standar safety.   

3. Kualitas Produk APD Tampil Sempurna

Pastikan Anda membeli APD tidak hanya melihat dari tampilan luarnya saja, namun anda harus memperhatikan kualitas bahan yang digunakan. Jadi tidak sebatas sempurna model dan desainnya, tapi harus pastikan juga APD tersebut dapat bekerja dengan baik. Intinya, Anda jangan tertipu dengan tampilan luar APD yang menarik. Pastikan brand atau merk APD yang Anda pilih adalah brand berkualitas yang banyak diandalkan oleh sebagian industri-industri besar. 

4. Pillih Alat Safety Sesuai Kebutuhan Industri 

Sebaiknya, kamu membuat data mengenai APD apa saja yang dibutuhkan di tempat bekerja Anda. Hal ini untuk menghindari APD yang tidak dipakai. Sebab, jika kesalahan ini terjadi maka Anda akan membuang anggaran dan menyebabkan kerugian besar. Dan sebaliknya, jika Anda membelinya sesuai dengan kebutuhan Industri Anda maka APD tersebut akan terpakai dan berguna. Itulah pentingnya Anda mendata atau riset dari jauh-jauh hari. 

5. Mencoba Sebelum Membeli

Tips kelima dalam membeli APD adalah untuk mencobanya secara langsung. Hal ini untuk menghindari terjadinya penipuan. Dengan mencobanya secara langsung, Anda bisa mengetahui bagaimana kualitas produk APD tersebut. Kamu bisa melakukan beberapa tes untuk memastikan kelayakan dan ketahanan dari APD tersebut supaya kamu tidak salah membelinya. Dengan cara ini, Anda dapat memilih APD dengan kualitas terbaik. 

6. Harga Produk APD yang Wajar 

Anda tidak boleh gampang percaya dengan harga alat APD yang tidak wajar. Ingat pepatah bilang ‘ada harga, ada kualitas’! Maka dari itu, jangan asal beli produk APD yang murah tapi tidak berkualitas. Sebaiknya sebelum memutuskan atau pergi ke toko APD, Anda bertanya-tanya terlebih dahulu pada orang yang sudah berpengalaman membeli APD. Dapatkan harga APD dengan harga terjangkau dan wajar sesuai dengan kualitas dari produk. 

7. Targetkan Merk atau Brand Terpercaya untuk Membeli APD 

Sangat banyak merk atau brand yang beredar untuk kebutuhan APD diluar sana. Anda perlu memiliki target merk tertentu dalam membeli APD. Dengan mengetahui dan memahami merk tertentu yang ditunjuk berkualitas, maka Anda tidak bingung lagi dalam membeli. Pastikan merk yang Anda ingin beli sudah di terima baik oleh pasar dan sudah banyak industri yang memakai merk tersebut. Jika Anda belum mengetahui merk APD yang berkualitas, bisa menggunakan solusi dengan menanyakan pada teman atau relasi yang berpengalaman dan sudah menggunakan produk-produk APD sebelumnya.  

Inilah tips membeli Alat Pelindung Diri yang bisa Anda terapkan saat memilih produk APD yang berkualitas. Karena kita harus memberikan APD yang lengkap dan berkualitas untuk demi keamanan dan keselamatan tenaga kerja Anda. Hal yang paling terpenting dari semuanya ialah Anda sudah menemukan Toko APD yang terpercaya, terlengkap, dan termurah untuk memudahkan Anda untuk menyiapkan APD, dan Anda bisa membelinya kembali jika Anda ingin membeli lagi APD.