Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

  081902321010   021-62321010   sales@safetyworld.co.id

3 Tips Untuk Memilih Alat Penutup Telinga

2 months ago - Penulis Elizabeth Sarah
3 Tips Untuk Memilih Alat Penutup Telinga

Alat pelindung telinga dibutuhkan untuk melindungi indera pendengaran Anda dari suara kebisingan sekitar. Earmuff dan earplug memiliki tujuan yang sama namun kedua alat pelindung tidak serupa dalam pengaplikasian. Bingung cara milihnya gimana? Tenang aja Sobat Safety, Blog ini akan menjelaskan dari definisi alat penutup telinga dan perbedaan earmuff dan earplug. Yuk simak bagian berikutnya! 

 Cara Memilih Alat Penutup Telinga Untuk Anda 

Earmuff dan earplug adalah alat pelindung telinga yang efektif untuk mengurangi kebisingan di lingkungan sekitar Anda.  Cara memilih alat penutup telinga bergantungan terhadap beberapa faktor. Hal ini meliputi tingkat insulasi atau insulation level pada lingkungan kerja Anda.  

  • Membandingkan Alat Penutup Telinga – Tingkat Insulasi

    Pelindung telinga yang Anda gunakan wajib memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan atau insulasi terhadap suara kebisingan. Terdapat berbagai jenis earmuff dan earplug yang tersedia, namun mereka menawarkan tingkat insulasi yang berbeda. 

    Inilah sebabnya memperhatikan nilai redaman yang diberikan oleh manufaktur adalah salah satu hal yang penting. Oleh karena itu, untuk memberikan perlindungan yang terbaik, disarankan untuk menggunakan kombinasi earmuff dan earplug. Tingkat insulasi suara dapat ditentukan saat penilaian risiko lingkungan kerja.  
  • Berdasarkan Kenyamanan 

    Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih jenis earmuff dan earplug adalah kenyamanannya ketika Anda gunakan. Earmuff adalah alat penutup telinga yang mudah untuk dikenakan, umumnya sangat nyaman. Namun dalam beberapa kasus, earmuff tidak cocok digunakan dengan alat pelindung lainnya. 

    Beberapa jenis earmuff menawarkan fitur kompatibilitas yang baik seperti 3M peltor H10P3E. Perihal ini, akan di bahas di bagian selanjutnya.  
  • Pelindungan dan Kebersihan

    Selain itu, salah satu kunci faktor untuk memilih alat penutup telinga adalah lingkungan kerja Anda. Contohnya, earplugs adalah salah satu pelindung telinga yang nyaman dan sederhana untuk dikenakkan. Namun bagaimana terkait kebersihan lingkungan kerja Anda. Earplugs adalah pelindung telinga yang butuh disumbatkan dalam lubang telinga untuk memblokir suara bising. 

    Apabila Anda bekerja dalam lingkungan luar ruangan seperti konstruksi, Anda sangat memungkinkan untuk terpapar kontaminan dari lingkungan apabila Anda menggunakan earplugs.  

Rekomendasi Earmuff dan Earplug Dari Kami  

Earmuff adalah jenis pelindung telinga yang dikenakan seperti headphone. Berikut adalah jenis earmuff beremerek 3M Peltor Optime 105 yang kami rekomendasikan sebagai teman kerja dan pelindung telinga Anda.  

Earmuff 3M Peltor Prime Optime Series

Har Hat Attached Earmuff 3M Peltor Prime Optim Series

                H10A  (over the head) 

                H10P3E (hard hat attached) 

  

Fitur yang disediakan oleh earmuff ini adalah:  

  1. Cocok sebagai alat penutup telinga pada suara kebisingan 105 dBA
  2. Terbuat dari bahan stainless steel (baja) sehingga tidak mudah bengkok
  3. Memiliki double shell technology sehingga meningkatkan kemampuan memblokir suara 
  4. Bantalan earmuff dalam bentuk cairan/foam. 
  5. Memiliki dua jenis pilihan yaitu over the head atau hard hat attached (jenis ini bisa disambung pada helm safety)
  6. Peringkat Pengurangan Kebisingan (NRR) sebesar 30 dB*, tertinggi tersedia dalam penutup telinga model over-the-head 

Berikut adalah rekomendasi jenis earplug yang kami sarankan sebagai teman kerja Anda. 

3M Corded Earplugs

Uncorded 3M Earplugs

                    3M-EAR-SOFT (corded 

                3M-E-A-R SOFT (uncorded) 

 

Earplug adalah jenis alat pelindung telinga yang dikenakan seperti earphone. Adanya jenis earplug memiliki kabelnya ataupun tidak, sehingga bisa dibeli berdasarkan kenyamanan Anda. Berikut adalah fitur earplug 3M E-A-R Soft.  

  1. Lebut, busa earplug menyediakan kenyamanan saat dikenakan pada jangka waktu yang lama 
  2. Low-pressure foam (tekanan yang rendah) sehingga berasa seperti tidak memakai apapun
  3. Penyumbat telinga mudah digulung untuk penyisipan yang cepat dan mudah
  4. Polybag menjaga setiap pasang penyumbat telinga tetap bersih sebelum digunakan
  5. Peringkat pengurangan kebisingan (NRR) 33 dB CSA Kelas AL
  6. Anda bisa memilih earplug dengan/tidak dengan kabel untuk kenyamanan 

 

Kini Anda sudah mengetahui cara untuk memilih jenis earmuff dan earplug dengan baik. Berikut adalah faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat memilih alat penutup telinga 1) tingkat insulasi , 2) kenyamanan, 3) pelindungan dan kebersihan.  

Selain itu, barang yang kami rekomendasi juga terbaik untuk keamanan dan kenyamanan Anda. Beli alat pelindung dengan cermat ya.. Stay safe Sobat Safety! Baca juga terkait manfaat penggunaan alat penutup telinga