Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

  081902321010   021-62321010   sales@safetyworld.co.id

4 Tips Perawatan Sepatu Safety Biar Awet

3 months ago - Penulis Elizabeth Sarah
4 Tips Perawatan Sepatu Safety Biar Awet

Safety shoes dan alas kaki kerja sering kali dibeli sebagai cadangan dan tidak perlu digunakan dalam jangka waktu lama. Meski seperti itu, masih banyak pekerja yang kurang memperhatikan perawatan untuk cuci sepatu safety. Dengan sepatu yang akan  terus dipakai di lingkungan atau kondisi berat, maka sepatu ini harus bertahan lama dengan durabilitas tinggi. Oleh karena itu, selain memilih safety shoes yang benar pekerja juga bertanggung jawab untuk dapat merawatnya lho.. 

Nah, perawatan sepatu safety itu sederhana dan mudah ya Sahabat Safety. Blog ini akan memberikan panduan praktis untuk mengetahui cara membersihkan safety shoes dan cara merawatnya.  

Perawatan Sepatu Safety Yang Benar Itu Seperti Apa Sih?  

Peran sepatu safety dalam industri proyek adalah untuk melindungi kaki pekerja dari dampak bahaya sehingga inspeksi dan perawatan rutin terhadap sepatu merupakan hal yang wajib untuk membantu memaksimalkan keselamatan pekerja .  

Cara Membersihkan Safety Shoes 

Jika sepatu safety Anda terbuat dari bahan kulit suede maka berikut merupakan langkah-langkah untuk membersihkan sepatu safety: 

  1. Bersihkan noda dan kotoran dengan hati-hati menggunakan sikat sepatu
  2. Untuk noda air/minyak, cukup dituangkan dengan soda kue dan dibiarkan semalaman agar noda dapat diserap
  3. Setelah itu, gunakan kain lembut untuk menyeka soda kue 
  4. Gunakan semprotan kedap air untuk membuat sepatu safety menjadi kedap air 

Namun, apabila sepatu Anda terbuat dari kulit sapi maka langkah perawatan sepatu meliputi:  

  1. Lepaskan sol sepatu yang dapat di lepas 
  2. Cuci sepatu safety dengan membilas air biasa untuk menghilangkan debu dan kotoran.
  3. Setelah itu, gunakan kain lembut untuk menghilangkan sisa kotoran 
  4. Bilas kembali dan keringkan di udara terbuka. Perlu diperhatikan bahwa sepatu tidak boleh terpapar sinar matahari secara langsung untuk menghindari penyusutan.  

Bagaimana Caranya Untuk Melakukan Inspeksi Sepatu Safety?  

Perawatan sepatu menjadi hal yang penting di bagian industri berikut merupakan panduan untuk menentukan waktu yang tepat untuk inspeksi safety shoes.  

  • Sebelum menggunakan sepatu, diperiksa terlebih dahulu terkait robekan, lubang, atau kerusakan lainnya pada sepatu 
  • Setelah peristiwa kecelakaan, periksa kondisi sepatu safety pada bagian internal dan eksternal untuk kerusakan 
  • Melakukan inspeksi perbulannya 
  • Setelah sepatu telah dibersihkan, lihat kembali untuk retakan, lubang atau jenis kerusakan lainnya 
  • Apabila sepatu sering digunakan maka akan lebih baik ketika safety shoes digantikan dalam jangka waktu 6-12 bulan 

Cara Merawat Safety Shoes Lebih Detil 

  1. Memeriksa Safety Shoes Untuk Digunakan 

    Seiring waktu, bahan sepatu dapat rusak karena penggunaan terus-menerus dan paparan berbagai kotoran. Untuk itu, periksalah permukaan luar sepatu Anda untuk melihat apakah ada tanda-tanda kerusakan yang terlihat seperti bagian atas sepatu yang rusak atau menipis. Apabila warna sepatu mulai memudar, pastikan penjemuran sepatu tidak terpapar sinar matahari ya Sahabat Safety.
  2. Memeriksa Robekan Atau Lubang

    Aspek lainnya yang penting dalam perawatan sepatu adalah untuk melihat apakah ada retakan atau lubang. Cacat ini dapat membahayakan integritas struktural sepatu dan mengurangi kemampuan melindungi kaki pekerja. Pertama-tama, bagian atas sepatu dapat diperiksa. Lenturkan sepatu dengan hati-hati untuk memeriksa tanda retak. Periksa sol sepatu untuk retakan atau pemisahan. 
  3. Memeriksa Kerusakan Tali Sepatu 

    Tali yang rusak tidak hanya mengganggu kesesuaian dan stabilitas alas kaki pekerja, tetapi juga dapat meningkatkan kemungkinan potensi kecelakaan. Jika tali sepatu terlihat tanda rusak, sobek atau melemah maka tali sepatu dapat segera diganti dengan yang baru. 
  4. Memeriksa Sol Sepatu Untuk Serpihan Logam Atau Kotoran Lainnya 

    Kondisi sol sepatu merupakan aspek penting untuk menyediakan perlindungan dari berbagai macam bahaya. Adanya serpihan logam maupun kotoran lainnya dapat mengurangi pegangan sepatu. Apabila terdapat serpihan logam atau kotoran, maka dapat menggunakan sikat untuk membersihkan safety shoes.  

Untuk meringkas blog ini, inspeksi rutin, perawatan sepatu yang benar, dan cuci sepatu safety merupakan poin penting untuk mengurangi risiko kecelakaan pada lingkungan kerja. Kita dapat memeriksa potensi risiko keselamatan pekerja dengan memeriksa adanya retakan, lubang, tali sepatu dan sol sepatu. Maka dari itu, lakukan inspeksi dan rawat sepatu rutin dan tetap waspada di lapangan ya!