Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

  081902321010   021-62321010   sales@safetyworld.co.id

Tips Pencegahan dan Upaya Penanggulangan Kebakaran

4 months ago - Penulis Elizabeth Sarah
Tips Pencegahan dan Upaya Penanggulangan Kebakaran

Di akhir-akhir periode ini banyak terjadi kebakaran di berbagai wilayah, dikarenakan kelalaian manusia dan juga faktor cuaca yang lagi musim kemarau. Kebakaran bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, termasuk terjadi di rumah, gedung, area publik, dll. Dampak terjadinya kebakaran dapat merugikan dari berbagai hal, seperti kehilangan harta benda, kehilangan tempat tinggal, terhambatnya perekonomian, bahkan bisa timbulnya korban jiwa. Jadi kebakaran bukan hanya membahayakan diri sendiri, namun membahayakan banyak orang. Sebenarnya, kamu bisa melakukan pencegahan kebakaran dengan melakukan beberapa langkah sederhana dan jika terjadi kebakaran kamu bisa segera melakukan penanggulangannya. Yuk, simak artikel berikut ini untuk bisa kamu pelajari mengenai pencegahan dan penanggulangan kebakaran!  

Tips Pencegahan Kebakaran  

Berikut ini beberapa langkah mencegah kebakaran di rumah dan di luar rumah : 

1. Mematikan Alat Elektronik 

Tips pertama paling sederhana adalah mematikan alat elektronik saat bepergian. Penggunaan listrik berlebihan yang menyebabkan arus pendek listrik dapat meningkatkan potensi terjadinya kebakaran. So, pastikan kamu untuk mencabut semua peralatan elektronik yang tidak digunakan ya! 

2. Jangan Tinggalkan Kompor Dalam Keadaan Menyala

Tips mencegah kebakaran selanjutnya adalah tidak meninggalkan kompor dalam keadaan menyala. Biasanya hal ini yang sering terjadi ialah Ibu-Ibu yang memasak sering kali melakukan pekerjaan lain (sering ditinggal-tinggal). Pastikan tetap berada di dapur selama proses memasak berlangsung. Tujuannya untuk mengetahui potensi kebocoran tabung gas, serta kelamaan memasak menyebabkan gosong yang menjadi pemicu kebakaran. 

3. Awasi Penggunaan Lilin 

Lilin menjadi salah satu alat penerangan ketika sedang mati lampu. Sering kali orang meletakkan lilin dengan alas yang berbahan mudah terbakar, bahkan penempatannya di dekat barang-barang yang mudah terbakar juga. Biasanya, ditinggal tidur dalam keadaan lilin masih menyala, hal ini bisa pemicu terjadinya kebakaran. Agar lebih aman dalam menggunakan lilin, tempatkan dalam gelas dan awasi penggunaannya (jangan ditinggal tidur). 

4. Jauhkan Benda yang Mudah Terbakar

Kamu harus menjauhkan benda-benda yang mudah terbakar, seperti plastik, kertas, dan kain. Jangan menyimpan benda-benda tersebut di dekat kompor atau lilin karena api dengan cepat menyambar dan menyebabkan kebakaran di dalam rumah. 

5. Jangan Merokok Di dalam Rumah Atau Ruangan

Jika puntung rokok dibuang dalam keadaan masih menyala dan tertiup angin, maka hal tersebut bisa memicu kobaran api. Terlebih lagi puntung rokok masih menyala dan menempel pada sofa atau benda lain yang mudah terbakar. Sebaiknya, pastikan untuk mematikan rokok dan buang puntung rokok pada tempat sampah.   

6. Memeriksa Kabel Listrik Rumah  

Walaupun kabel listrik di rumah kamu terlihat baik-baik saja, namun sebaiknya tetap melakukan pengecekan secara berkala. Karena bisa saja kabel tersembunyi rusak akibat gigitan tikus atau faktor lain. Jika tidak segera melakukan penanganan, kabel tersebut akan menjadi penyebab listrik konslet, yang dapat berujung terjadinya kebakaran.  

7. Jangan Membakar Sampah di Sekitar Rumah 

Sebaiknya, hindari pembakaran sampah di sekitar rumah. Terbangnya sampah yang terbakar bisa menjadi salah satu pemicu kebakaran, apalagi saat ini musim kemarau angin berhembus lebih kencang sehingga bisa membuat api lebih besar dan terbawa angin yang membakar barang lainnya.  

8. Jangan Meninggalkan Barang Yang Bisa Picu Kebakaran di dalam Mobil 

Peristiwa mobil terbakar mulai sering terjadi, apalagi ketika musim kemarau atau panas. Oleh karena itu, upaya pencegahan sebaiknya kamu jangan meletakkan barang-barang mudah terbakar di dalam mobil, seperti korek gas api, powerbank, body spray, air mineral, hand sanitizer, dan laptop. Kebakaran memerlukan beberapa pemicu yang disebut segitiga api, terdiri dari udara, panas, dan bahan bakar.   

Tips Penanggulangan Terjadinya Kebakaran  

Penanggulangan kebakaran adalah upaya yang dilakukan dalam rangka memadamkan kebakaran. Jika upaya-upaya pencegahan kebakaran sudah maksimal dilakukan namun masih terjadinya kebakaran di rumah atau di lingkungan sekitar, maka upaya penanggulangan kebakaran harus dilakukan semaksimal mungkin untuk mencegah terjadinya kebakaran yang lebih besar/luas yang bisa membahayakan keselamatan jiwa maupun kerugian harta benda yang lebih besar. Berikut tips penanggulangan terjadinya kebakaran secara tepat:  

  1. Berusahalah untuk tetap tenang ketika tiba-tiba terjadi kebakaran di sekitar kamu. 
  2. Apabila kebakaran tersebut masih bisa diatasi dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), sebaiknya segera gunakan alat tersebut atau bisa juga dengan menggunakan karung goni yang telah dibasahi menggunakan air. Kebakaran skala kecil biasanya bisa diatasi dengan menggunakan alat tersebut tetapi pastikan kamu melakukannya dengan segera agar kebakaran tidak semakin menjalar. 
  3. Apabila ternyata kebakaran tersebut disebabkan oleh adanya konsleting listrik sebaiknya segera matikan listrik di rumah kamu. 
  4. Segera tutup ruangan yang sedang mengalami kebakaran agar tidak menjalar ke ruangan lainnya. Sebaiknya jangan kunci ruangan yang terbakar tersebut agar petugas lebih mudah dalam memadamkan api. 
  5. Jika kebakaran yang terjadi merupakan kebakaran berskala besar sebaiknya segera selamatkan diri kamu dan keluarga dan langsung berusaha keluar rumah. Hindari kesibukan menyelamatkan barang-barang berharga di dalam rumah karena hal itu sangat membahayakan nyawa kamu. Carilah jalan keluar yang aman dan pilih jalan yang tidak ada kobaran api. Karena nyawa lebih berharga dari apapun. 
  6. Pada saat terjadi kebakaran, upayakan agar tidak menghirup asap tebal yang muncul dari kebakaran tersebut. Karena hal ini bisa membuat kamu sesak napas bahkan bisa mengalami pingsan. Kamu bisa berjalan merangkak serta bernapas dengan menundukkan kepala ke lantai. Selain itu, bisa gunakan kain yang basah untuk menutupi hidung kamu sehingga kamu akan lebih mudah ketika bernapas. 
  7. Lakukan latihan evakuasi kebakaran sebagai bentuk cara menanggulangi kebakaran serta upaya untuk menyelamatkan diri saat kebakaran terjadi. 
  8. Segera hubungi petugas pemadam kebakaran dengan menelpon pada nomor 113 apabila api memang sudah mulai sulit untuk dikendalikan. 

Itulah beberapa tips pencegahan dan penanggulangan terjadinya kebakaran yang bisa kamu lakukan. Dengan mengetahui hal tersebut, kamu sudah berupaya semaksimal mungkin untuk tidak terjadinya kebakaran dan apabila nantinya tiba-tiba terjadi kebakaran kamu bisa melakukan upaya untuk memadamkan api sehingga nantinya kebakaran tidak semakin meluas dan merugikan. Pencegahan dan penanggulangan kebakaran yang sederhana adalah menyediakan APAR di rumah. Jika belum tersedia APAR, kamu bisa membelinya di Safety World dengan klik di sini