Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

  081902321010   021-62321010   sales@safetyworld.co.id

Pengertian NRR Alat Pelindung Telinga Dari Kebisingan

1 month ago - Penulis Elizabeth Sarah
Pengertian NRR Alat Pelindung Telinga Dari Kebisingan

Baik terpapar dari suara bising setiap hari dari mesin berat atau hanya terpapar sementara dari konser, indera pendengaran Anda perlu dilindungi oleh alat pelindung telinga. Namun bagaimana cara memilih alat pelindung yang tepat? Blog ini akan menjelaskan cara memilih alat pelindung telinga dari kebisingan yang tepat berdasarkan perhitungan noise reduction rating (NRR). 

Mengapa Memilih Alat Pelindung Telinga Dari Kebisingan Yang Tepat Sangat Penting?  

Hal ini ditujukan untuk mencegah kerusakan pendengaran secara permanen dengan kasus terburuknya, kehilangan indera pendengaran secara total. Rangkaian yang di bawah menunjukkan standar kebisingan umum di nilai desibels (dB). 

  • 55 dB: suara bising yang membuat seseorang sulit untuk berkonsentrasi kepada pekerjaannya sehingga membutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk melakukan tugas.  
  • 60 dB: tingkat bising ini sama seperti suara bising di perkantoran, tingkat suara perbincangan yang standar.  
  • 85 dB: kebisingan ini dihasilkan oleh mesin vakum atau mesin bor tangan. Apabila terpapar pada tingkat kebisingan ini selama > 40 jam, terdapat peluang terhadap rusak pendengaran.  
  • 120 dB: tingkat ≥120 dB sudah dikategorikan sebagai ambang batas nyeri telinga. Biasanya mesin yang bisa mengeluarkan tingkat bising ini adalah bor palu, mesin gergaji dan mesin berat lainnya.  

Oleh karena itu, Occupational Safety and Health Act  (OSHA) telah membuat regulasi untuk beberapa tempat pekerjaan yang terpapar oleh bising ini. Alat pelindung telinga dari kebisingan seperti earmuff atau earplugs dapat digunakan untuk melindungi pendengaran Anda.  

 

Cara Menghitung NRR 

Noise reduction rating adalah ukuran efektivitas alat pelindung pendengaran dalam mengurangi tingkat kebisingan. Sementara, Leq adalah paparan tingkat kebisingan rata-rata selama periode 8 jam.  Setiap alat pelindung telinga dari kebisingan memiliki nilai NRR.  

Jenis Pelindung Telinga K3 

% Noise Reduction Rating

Nilai Prekdiksi dBA Terdengar Oleh Telinga 

Earplugs 

50% 

Leq – [NRR(0.5)-3] 

Earmuffs 

70% 

Leq – [NRR(0.7)-3] 

Dual protection 

65% 

Leq – [NRR + 5 (0.65)-3] 

 

Contoh Cara Menghitung NRR: 

Fasilitas kerja Anda memiliki paparan bising (Leq) = 91 dBA. Sementara pekerja memiliki durasi kerja selama 8 jam. Apabila nilai NRR earplug yang ditawarkan adalah 26 maka perhitungan nilai dB pada telinga adalah: 

  1. Rumus Nilai Prediksi Dengan Earplug = Leq - [NRR (0.5) - 3] 
  2. Nilai di telinga = 91 dBA - [26 (0.5) - 3] 
  3. Nilai di telinga = 91 dBA - [13 - 3] 
  4. Nilai di telinga = 91 dBA - 10 
  5. Nilai di telinga = 81 dBA 

 

Memilih Pelindung Telinga K3 Untuk Keamanan dan Kenyamanan 

Earplugs – Kecil Dan Praktis  

Earplug Dengan Tali Merek 3M

Earplug tanpa kabel merek 3M warna kuning

3M E-A-R UltraFit Corded Reusable Earplugs 

3M-E-A-R Soft Uncorded Disposable Earplugs 

 

Earplugs adalah alat pelindung telinga yang terbuat dari foam atau silikon sehingga bersifat kecil, ringan dan fleksibel sehingga cocok di ruangan terbatas. Apabila tipe earplugs Anda adalah disposable jangan digunakan berulang kali karena bisa menyebabkan radang telinga akibat bakteri. Sebaliknya, ketika jenis earplugs yang Anda adalah reusable sangat dianjurkan untuk membersihkannya secara rutin.  

 

Earmuffs – Pelindung Telinga K3 Yang Diandalkan  

earmuff merek 3M warna hitam

Selain earplugs terdapat juga earmuffs. Earmuffs adalah alat pelindung telinga dari kebisingan yang menjaminkan keamanan pendengaran. Dua jenis earmuff dapat dilihat pada gambar yang diatas. Apabila Anda menggunakan safety helmet untuk bekerja, maka memilih opsi hard-hat-attach akan menjadi hal yang menguntungkan.  

 

Dengan demikian, kini Anda sudah memahami mengapa memilih alat pelindung telinga dari kebisingan yang tepat merupakan hal yang penting. Tinjau kembali standar kebisingan yang ada di lingkungan kerja Anda, kemudian tentukan nilai NRR yang pas, baru dibeli alatnya. Toko kami menawarkan beberapa jenis pelindung telinga yang mungkin cocok untuk Anda. Klik disini untuk tau lebih lanjut. Stay Safe Sobat Safety!  

 Baca juga terkait 3 tips untuk memilih alat penutup telinga dan manfaat penggunaan alat pelindung telinga k3.