Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

  081902321010   021-62321010   sales@safetyworld.co.id

7 Upaya Mencegah Kecelakaan Kerja di Area Pabrik

3 months ago - Penulis Elizabeth Sarah
7 Upaya Mencegah Kecelakaan Kerja di Area Pabrik

Pabrik adalah tempat yang memiliki risiko kecelakaan kerja cenderung tinggi. Pekerja perlu mentaati setiap ketentuan yang telah ditetapkan di dalam area pabrik, banyaknya kegiatan operasional, beragam mesin produksi, dan lainnya di dalam pabrik yang pastinya memiliki risiko yang mungkin akan terjadi. Oleh karena itu, sangat penting bagi para pekerja maupun pihak manajemen pabrik untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat guna menjaga keamanan, keselamatan, dan kesehatan semua orang yang bekerja di area pabrik. Berikut ini ada 7 upaya mencegah kecelakaan kerja di area pabrik yang bisa pekerja maupun pihak manajemen perusahaan untuk diterapkan: 

1. Memahami Kebijakan dan Ketentuan Perusahaan 

Kebijakan dan ketentuan perusahaan adalah hal yang mendasar yang perlu pekerja pahami, supaya mengetahui prosedur bekerja dan bisa menerapkan peraturan yang berlaku guna mencegah risiko yang akan terjadi. Biasanya, kebijakan dan ketentuan perusahaan di informasikan ketika pekerja baru bergabung di perusahaan tersebut. Pastikan pekerja memahami dengan baik kebijakan dan ketentuannya, dan jangan menganggap sepele karena itu hal yang penting. 

2. Ikut Pelatihan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) atau Pelatihan Profesional

Pastikan para pekerja mengikuti pelatihan K3 atau pelatihan profesional secara teratur. Hal ini akan membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengindentifikasi bahaya, menghindari risiko, dan bertindak secara aman. Selain itu, dapat mengikuti training mengenai pengetahuan tentang praktik kerja yang aman, penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) yang benar dan tepat, dan prosedur darurat. Pelatihan-pelatihan seperti ini tidak hanya dilakukan untuk karyawan baru saja, namun juga harus diikuti oleh karyawan-karyawan yang sudah lama bekerja. Dengan terlaksananya pelatihan dapat memberi keuntungan untuk pekerja yang memiliki risiko cukup tinggi. 

3. Gunakan Alat Pelindung Diri (APD) 

Pastikan semua pekerja menggunakan APD yang lengkap dan sesuai dengan pekerjaan. APD dapat meliputi helm, sepatu safety, pelindung mata, masker pernapasan, perlindungan pendengaran, dan perlindungan tangan. Masing-masing jenis pabrik biasanya membutuhkan APD yang berbeda-beda. Penggunaan APD yang benar dapat meminimalkan risiko cedera. 

4. Kenali Tempat Kerja (Area Pabrik) 

Sebelum pekerja mulai bekerja, pastikan sudah mengenali area pabrik dengan baik, seperti area produksi, area gudang, area persiapan bahan produksi, area kantor, area quality control, dll. Dengan begitu, pekerja bisa mengetahui area berbahaya dan bisa menggunakan alat-alat di dalam pabrik dengan tepat dan benar. 

5. Jaga Kebersihan dan Ketertiban  

Pastikan pekerja tetap menjaga kebersihan dan kerapihan di area pabrik. Jika kondisi kerja yang berantakan dapat menyebabkan kecelakaan seperti tergelincir, terjatuh, dan tersandung. Lakukanlah pemeliharaan rutin dan membersihkan area kerja secara teratur. Dan usahakan untuk membersihkan serta merapihkan jika pekerjaan sudah selesai, sehingga besok kembali bekerja dengan nyaman dan tertib.   

6. Sistem Penerangan yang Cukup

Area kerja di pabrik harus memiliki pencahayaan yang memadai. Jika kurangnya penerangan dapat menyebabkan kecelakaan karena sulit melihat dengan jelas atau bisa salah memahami instruksi keselamatan, dan juga dapat membahayakan ketika sedang mengoperasionalkan mesin yang ada di pabrik. 

7. Pemeriksaan dan Pemeliharaan Secara Rutin 

Usahakan untuk melakukan pemeriksaan rutin terhadap mesin, peralatan, dan instalasi listrik. Perbaiki atau ganti komponen yang rusak sesuai jadwal pemeliharaan. Pemeliharaan yang tepat dapat mengurangi risiko kegagalan yang dapat menyebabkan kecelakaan, dan juga dapat memperlancar dalam proses produksi. Biasanya, hal ini yang paling sering disepelekan karena menganggap mesin masih bisa beroperasi sehingga tidak perlu di periksa, padahal itu hal yang sangat berbahaya.  

Nah, itulah 7 hal di atas adalah upaya mencegah kecelakaan kerja di area pabrik. Pastinya setiap karyawan harus mentaati setiap prosedur yang telah ditetapkan guna meminimalkan atau mengurangi risiko kecelakaan kerja yang mungkin terjadi. Jika kamu membutuhkan APD untuk di tempat kerja (pabrik) kamu, bisa membelinya di Safety World dengan mengunjungi link berikut ini