Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

  081902321010   021-62321010   sales@safetyworld.co.id

5 Cara Memilih Sarung Tangan APD Kerja Bangunan

4 months ago - Penulis Elizabeth Sarah
5 Cara Memilih Sarung Tangan APD Kerja Bangunan

Seperti jenis alat pelindung diri (APD) lainnya, sarung tangan APD juga harus dipilih dengan cermat untuk memastikan fungsi dan perlindungannya itu tepat terutama untuk kerja berat. Terdapat beberapa jenis faktor tang memiliki dampak terhadap efisiensi safety gloves. Blog ini akan memandu Anda terkait cara memilih sarung tangan APD yang benar khususnya sarung tangan kerja bangunan atau untuk pekerjaan konstruksi.  

Syarat OSHA Safety Gloves  

Sebelum memilih, kami harus memahami standar yang diberikan oleh The Occupational Safety Anda Health Administration (OSHA) safety gloves 

  • Standar 1910.138 (a) – Persyaratan Umum 

    Atasan wajib memberikan sarung tangan kerja bangunan atau sarung tangan pelindung khusus untuk potensi bahaya yang dapat dijumpai oleh pekerja. Contoh dari potensi bahaya pada lingkungan kerja bisa meliputi: sayatan, percikan bahan kimia berbahaya, abrasi, penetrasi tusukan benda tajam, kebakaran dan suhu ekstrim.  
  • Standar 1910. 138 (b) – Seleksi 

    Atasan wajib memilih sarung tangan APD yang tepat berdasarkan bahaya yang akan dijumpai oleh pekerja. Sifat pemilihan safety gloves dapat bergantungan kepada: aktivitas kerja, durasi pemakaian, kondisi tertentu (jika ada), dan potensi bahaya yang dijumpai.  

Cara Memilih Sarung Tangan APD Kerja Bangunan  

  1. Ketahui Potensi Bahaya Pada Lingkungan Kerja

    Setiap lingkungan kerja pasti mempunyai potensi bahaya yang berbeda. Balik lagi dari persyaratan OSHA safety gloves, setiap lingkungan kerja perlu melalui risk assesment untuk mengidentifikasi bahaya. Setelah bahaya di idetifikasi, atasan wajib meminimalisirkan bahaya tersebut. Dengan ini, baru Anda dapat memilih safety gloves berdasarkan bahaya yang ada. 
  2. Memilih Bahan Sarung Tangan APD Yang Tepat

    Cara memilih sarung tangan APD yang tepat juga meliputi bahan yang digunakan. Contoh, bahan kevlar sangat baik untuk meminimalisirkan sayatan ketika bekerja dengan benda tajam. Sementara itu, disposable gloves yang biasanya terbuat dari latex atau karet nitril bisa digunakan untuk meminimalisir penyebaran kontaminan biologi (bakteri, virus, dsb).  Anda dapat membaca artikel terkait: kenali 7 jenis sarung tangan safety dan manfaat sarung tangan safety 
  3. Memilih Ukuran Yang Tepat

    Memiliki ukuran sarung tangan safety pelindung yang tepat tentu dapat meminimalisir juga paparan kulit pekerja kepada bahaya pada lingkungan. Ketika sarung tangan digunakan dalam waktu yang lama, tentu ukuran sarung tangan bisa menjadi lebih longgar. Hal ini harus dicermati oleh pekerja terhadap membeli sarung tangann kerja bangunan. 

  4. Periksa Safety Gloves Sebelum Pemakaian

    Periksa secara cepat sebelum pemakaian merupakan cara untuk memastikan sarung tangan APD telah memberi perlindungan maksimal. Pekerja harus berwaspada terkait robekan bahan, atau mungkin perubahan warna sarung tangan yang disebabkan oleh bahan kimia berbahaya. 
  5. Berikan Tempat Penyimpanan dan Perawatan Yang Baik 

    Setiap pasangan sarung tangan perlu disimpan didalam ruangan yang kering pada suhu ruangan (25℃). Bahkan terkadang Anda perlu mencuci sarung tangan Anda untuk membersihkan kontaminan dan kotoran.

 

Alat pelindung tangan memiliki ukuran yang berbeda-beda, sehingga sebagai atasan, Anda perlu melakukan survey terkait ukuran tangan pekerja. Kini Anda sudah tau cara memilih sarung tangan APD yang benar. Kami menyediakan beragam jenis sarung tangan kerja bangunan dan jenis sarung tangan lainnya dalam berbagai jenis ukuran, dan untuk fungsi yang berbeda-beda. Klik disni untuk informasi selanjutnya.