Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

  081902321010   021-62321010   sales@safetyworld.co.id

Kenali 7 Jenis Sarung Tangan Safety

3 months ago - Penulis Elizabeth Sarah
Kenali 7 Jenis Sarung Tangan Safety

Sarung tangan safety bukan sekedar aksesoris, namun sebagai alat pelindung yang sangat penting untuk menjaga tangan dari berbagai risiko yang mungkin timbul ketika sedang bekerja. Sarung tangan safety memiliki berbagai jenis safety gloves untuk melindungi seluruh bagian tangan hingga ke jari-jari selama melakukan pekerjaan tertentu. Kamu harus mengetahui masing-masing fungsi sarung tangan safety, supaya kamu tidak salah membelinya dan juga bisa melakukan berbagai pekerjaan dengan nyaman tanpa khawatir akan terluka. Dalam artikel ini, akan membahas 7 jenis sarung tangan safety beserta fungsinya. Yuk, simak berikut ini! 

 

Jenis Sarung Tangan Safety Beserta Fungsinya

1. Chemical Resistant Gloves (Sarung Tangan Tahan Kimia)

                                             Ansell Solvex 37-176 

Chemical Resistant Gloves biasanya terbuat dari karet seperti butyl, latex, nitrile, vinyl, neoprene, atau PVC dan merupakan bahan-bahan hidrofobik atau anti air. Jenis safety gloves ini dapat melindungi tangan dari zat-zat kimia berbahaya saat bekerja. Safety gloves jenis ini didesain lebih panjang daripada jenis sarung tangan lainnya. Selain itu, jenis sarung tangan ini bersifat disposable atau hanya dapat digunakan satu kali dan langsung dibuang.  Chemical Resistant Gloves biasa digunakan untuk pekerja laboratorium atau yang berhubungan langsung dengan bahan-bahan kimia berbahaya.

2. Heat Resistant Gloves (Sarung Tangan Tahan Panas)

                                   Honeywell GL7500 

Jenis sarung tangan safety ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap panas ekstrem, seperti silikon atau serat kevlar, dan dirancang untuk menjaga tangan tetap aman dari luka bakar. Sarung tangan ini biasanya bahan lebih tebal dibandingkan dengan sarung tangan jenis lainnya. Jenis sarun tangan safety ini sangat cocok digunakan untuk pekerja dalam lingkungan yang terpapar suhu tinggi atau api, seperti industri pengelasan, pekerja dapur, blander/cutting torch, ataupun pekerjaan lain yang berhubungan langsung dengan suhu tinggi.

3. Impact Hand Gloves (Sarung Tangan Anti Hantaman)

                       Kong Ironclad Original Impact Gloves 

Sarung tangan anti hantaman didesain khusus untuk melindungi tangan dari dampak keras, seperti benturan, pukulan, atau kejatuhan benda berat. Sarung tangan safety ini dilengkapi dengan shock absorber yang berfungsi mengurangi efek tumbukan ketika tangan menimpa benda berat. Impact hand gloves pada umumnya banyak digunakan pada pekerja konstruksi, pengendara motor, dan pekerjaan berat lainnya. 

4. Cut & Puncture Resistant Gloves (Sarung Tangan Tahan Luka Potong & Tusuk)

                                          Uvex C500 Wet Plus 

Jenis sarung tangan safety ini berbahan kain kevlar atau nitril yang diperkuat dan dirancang untuk mencegah luka pada tangan pengguna. Bahan ini memperkecil gaya gesekan dan tahan terhadap abrasi. Abrasi yang dimaksud ini adalah permukaan benda yang tajam atau permukaan yang dapat melukai tangan pekerjanya.  Sarung tangan safety ini sangat dibutuhkan untuk pekerja manufaktur dan mekanis.

5. Anti Slip Hand Gloves (Sarung Tangan Anti Selip)

                                 Sarung tangan G40 Polyurethane 

Sarung tangan anti selip ini biasa digunakan oleh pekerja pada benda basah atau berminyak, seperti pekerja konstruksi, restoran, manufaktur. Sarung tangan jenis ini dilengkapi dengan Grip Technology sehingga objek kerja yang berminyak maupun basah dapat memberikan cengkeraman yang lebih baik dan kuat tanpa terpeleset. Selain itu juga dilengkapi dengan microchannel yang mampu menyerap cairan yang menempel pada benda. 

6. Lifting Hand Gloves (Sarung Tangan Angkat)

                                  UVEX Syneco M100 

Lifting Hand Gloves ini didesain khusus untuk pekerjaan pengangkatan benda berat. Sarung tangan safety ini memiliki pad tambahan di telapak tangan dan jari-jari untuk membantu mengangkat benda berat dengan aman dan mengurangi tekanan pada tangan. Biasanya terbuat dari bahan yang berserat dan untuk menambah kekuatan cengkeraman tangan saat mengangkat maka di bagian telapak tangan ditambahkan lapisan karet. 

7. Anti Static Gloves (arung Tangan Anti Statis/Elektrik)

                                        Salisbury E214RB 

Anti Static Gloves yang memenuhi syarat dapat mencegah jari-jari bersentuhan langsung dengan komponen sensitif elektrostatik, dan dapat secara efektif melepaskan listrik statis dari tubuh manusia, sehingga dapat mencegah kerusakan dan penuaan komponen eletronik yang disebabkan oleh listrik statis. Jenis sarung tangan safety ini terbuat dari karet insulasi yang dapat memberikan perlindungan hingga 17.000 volt. Sarung tangan safety ini biasa digunakan untuk pekerja elektro, pekerja pabrik, bengkel mekanik. 

 

Nah, itulah penjelasan dari jenis-jenis sarung tangan safety beserta fungsinya. Pemilihan sarung tangan safety yang tepat akan menyelamatkan kamu dari berbagai kejadian berbahaya yang dapat terjadi selama bekerja. Selain itu, dapat memberikan kenyamanan pada saat kamu bekerja tanpa khawatir cedera. Sebaliknya, jika kamu salah memilih sarung tangan safety justru akan membahayakan pemakainya. Apakah kamu saat ini membutuhkan sarung tangan safety? Jika iya, kamu bisa membelinya di SAFETY WORLD yang dapat dipercaya dengan harga terjangkau dan terlengkap sehingga bisa memenuhi kebutuhan perlengkapan keselamatan kerja kamu.