Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

  081902321010   021-62321010   sales@safetyworld.co.id

3 Jenis Suspensi Helm Safety Yang Perlu Diketahui

3 months ago - Penulis Elizabeth Sarah
3 Jenis Suspensi Helm Safety Yang Perlu Diketahui

Helm safety adalah bagian dari salah satu Alat Pelindung Diri (APD) yang penting untuk digunakan pekerja pada lingkungan yang memiliki potensi bahaya cedera kepala. Biasanya, cedera kepala disebabkan oleh benturan keras, terbentur benda tajam, terkena benda kerja melayang, bahaya listrik, dan terjatuh. Supaya Anda selamat, suspensi helm menjadi hal yang penting sebagai alat penyesuaian. Yuk, baca blog ini!  

Apa Itu Suspensi Helm?  

Suspensi helm adalah tali dalam helm yang berfungsi untuk menyesuaikan helm safety dengan ukuran kepala. Suspensi juga berfungsi untuk meminimalkan daya redam apabila terjadi benturan di kepala. Suspensi pada helm juga berbeda-beda baca bagian selanjutnya.  

Apa itu Chin Strap 

Berbeda dengan tali sebelumnya, tali dagu atau chin strap adalah komponen yang tidak kalah penting pada helm. Namun, tali chin strap tidak sama dengan tali suspensi helm. Kalau chin strap adalah tali yang dipasang di dagu agar helm safety Anda tidak mudah lepas dari kepala.  

Tipe Suspensi Helm Untuk Penyesuaian Maksimal  

  1. Ratchet Suspension

    Helm safety warna putih dengan ratchet suspension

    Ratchet suspension adalah tipe suspensi yang memiliki genggam kecil diabagian belakang suspensi yang berfungsi untuk mengubah ukuran suspensi menjadi ukuran yang sesuai dengan kepala pekerja. 
  2. Pinlock Suspension

    helm safety warna putih dengan pinlock suspension

    Pinlock suspension adalah tipe suspensi yang dirancang lebih sederhana ketimbang ratchet suspension. Suspensi ini memiliki pin pengunci yang berfungsi untuk mengubah ukuran suspensi sesuai ukuran kepala pekerja. Untuk mengubah ukurannya, Anda hanya perlu menggeser pin pada lubang yang ada di helm Anda. 
  3. 1-Touch Suspension

    helm safety warna putih dengan touch suspension


    1-touch suspension didesain untuk memiliki sistem sekali tekan untuk mengubah ukuran suspensi sesuai kenyamanan dan ukuran kepala pekerja. Ukuran suspensi ini dapat diubah dengan cara menekan dan menggeser suspensi hanya dengan satu tangan saja. Suspensi ini sangat cocok digunakan untuk pekerja pada ruang terbatas.  

Cara Membersihkan dan Merawat Suspensi Helm 

Ikuti langkah ini untuk memberi perawatan suspensi helm Anda: 

  • Ambil kain yang lembut dan celupkan ke dalam air sabun lalu Anda dapat lap suspensi Anda. 
  • Periksa suspensi Anda terkait kelonggaran, patah, retak, rusak, atau kehilangan elastisitas. Apabila terdapat cacat produk, gantikan tali suspensi dengan yang baru.  
  • Sangat tidak disarankan untuk menempatkan benda diantara suspensi dan shell helm karena hal ini dapat mengurangi kemampuan suspensi dalam melindungi kepala 
  • Gantikan suspensi Anda setiap 12 bulan. Jangan lupa untuk mengikuti prosedur manufaktur Anda.  

Kini Anda sdudah mengetahui istilah chin strap dan jenis suspensi helmpada helm safety. Selalu perhatikan komponen tali pada helm safety Anda supaya Anda lebih aman. Apabila memungkinkan, gunakan helm dengan berbagai poin suspensi  karena dengan banyak poin maka kemampuan meredam kejutan pukulan akan menjadi lebih efektif. Cek disini untuk melihat jenis suspensi dan jangan ragu untuk kontak kami untuk bertanya!  

Baca juga terkait: