Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

021-62321010 sales@safetyworld.co.id

6 Warna Helm Proyek di Indonesia dan Perbedaannya

1 year ago - Penulis Kevin Chandra
6 Warna Helm Proyek di Indonesia dan Perbedaannya

Bagi pekerja proyek, helm proyek merupakan salah satu alat pelindung diri (APD) yang utama. Hal tersebut juga didukung dengan aturan Undang-Undang (UU) Ketenagakerjaan mengenai penggunaan APD yang sesuai saat bekerja, sesuai dengan standar Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Saat ini terdapat 6 warna helm safety proyek yang memiliki arti dan fungsinya sendiri di Indonesia. Apa saja warnanya dan perbedaannya? Yuk kita bahas di artikel ini.

Manfaat Penggunaan Helm Safety Proyek

Pada beberapa area kerja seperti konstruksi, pertambangan, minyak dan gas, serta area lainnya pasti memiliki resiko kecelakaan kerja yang tinggi. Resiko tersebut bisa datang dari human error, faktor cuaca, lingkungan kerja (licin, listrik, api, dan lainnya), bahkan dari alat berat yang ada di sekitar kita. Untuk itu, penggunaan APD sangat penting, tidak hanya bagi keselamatan Anda namun juga rekan kerja Anda.

Salah satu manfaat penggunaan helm safety proyek adalah jika ada benda tumpul atau tajam jatuh ke kepala Anda secara tidak sengaja, maka Anda bisa terhindar dari cedera ringan atau berat. Coba bayangkan apa yang terjadi jika benda tajam atau tumpul mengenai kepala Anda saat tidak menggunakan helm? Anda mungkin tidak bisa menghindari resiko cedera ringan atau bahkan berat dari kejadian tersebut.

Pemilihan helm pelindung atau safety helmet yang dipakai pekerja juga harus memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Perusahaan atau penyedia lapangan pekerjaan sangat dianjurkan untuk memfasilitasi pekerja dengan helm SNI agar keselamatan pekerja lebih terjamin.

Arti Warna Helm Proyek

Jika Anda pernah melihat beberapa pekerja dalam satu area memakai safety helmet dengan warna yang berbeda-beda, itu bukan bertujuan untuk bergaya. Berbeda nya warna helm yang digunakan oleh masing-masing pekerja memiliki arti tertentu. Berikut kami rangkum 6 warna helm proyek beserta artinya!

Helm Putih

helm proyek putih

Dalam industri K3, helm putih mewakili orang dengan jabatan tinggi seperti insinyur, manager, pengawas, dan mandor. Mereka yang menggunakan helm putih biasanya merupakan orang-orang yang memiliki tanggung jawab serta pengetahuan yang lebih besar.

Helm warna putih polos dilengkapi dengan 1 strip (8 mm) digunakan oleh Pelaksana Proyek. Warna putih polos dilengkapi dengan 2 strip (2 x 8 mm) menandakan Kepala Pelaksana Proyek. Warna Putih Polos dilengkapi dengan 3 strip berukuran @ 8mm, dan 1 strip 15 mm di bagian paling atas untuk Kepala Proyek. Karena mereka adalah penanggung jawab proyek, Anda bisa mencari mereka jika ada yang ingin ditanyakan terkait hal-hal detail di proyek tersebut.

Helm Biru

helm biru

Helm warna biru biasanya digunakan oleh supervisor lapangan, operator teknis dan juga pengawas sementara di sebuah proyek. Operator teknis contohnya seperti teknisi listrik sampai tenaga ahli di bangunan kayu. Selain mereka, biasanya di lapangan sering dijumpai bahwa operator alat-alat berat seperti forklift, bulldozer, crane juga memakai helm warna biru.

Helm Merah

jual helm safety merah

Pekerja yang menggunakan helm merah mungkin jarang dijumpai, namun mereka memiliki peran yang sangat krusial. Mereka adalah pengawas keamanan atau petugas safety unit Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam suatu proyek. Fungsi dan peran mereka adalah memeriksa dan memastikan bahwa sistem keselamatan sudah terpasang dan dapat berfungsi sesuai standar yang ditetapkan.

Helm Proyek Kuning

helm proyek kuning

Helm kuning biasa digunakan oleh sub kontraktor atau pekerja umum di lapangan. Pekerja yang menggunakan helm kuning perlu diperlengkapi juga dengan APD lainnya seperti rompi berwarna cerah (kuning) saat melakukan tugasnya di lapangan. Hal tersebut diperlukan agar mereka lebih mudah terlihat saat di area kerja sehingga meminimalisir resiko kecelakaan kerja.

Helm Hijau

helm hijau

Helm proyek berwarna hijau dipakai oleh pekerja yang berhubungan dengan lingkungan seperti peneliti lingkungan atau pengawas lingkungan di area proyek, dan juga petugas kebersihan. Ada alasan dan makna tersirat dibalik penggunaan helm berwarna hijau ini. Makna helm warna hijau ini adalah ingin menyampaikan pesan "Go Green".

Helm Proyek Oranye

helm proyek oranye

Helm warna oranye ini biasanya digunakan oleh para tamu proyek yang sedang datang berkunjung. Selain pekerja, orang yang ingin masuk atau meninjau lokasi proyek harus menggunakan helm warna oranye.

Jika Anda sudah bisa membedakan fungsi dari setiap warna helm proyek dan sudah tahu ingin membeli helm warna apa, Anda bisa mencari helm tersebut ke toko helm terdekat. Untuk di wilayah Jakarta, toko safety terdekat ada di LTC Glodok, disana terdapat toko alat safety bernama Safety World. Anda bisa membeli helm safety disana atau mengunjungi website kami di safetyworld.co.id.