Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

  081902321010   021-62321010   sales@safetyworld.co.id

Rekomendasi Masker untuk Melindungi Diri Dari Polusi Udara

8 months ago - Penulis Elizabeth Sarah
Rekomendasi Masker untuk Melindungi Diri Dari Polusi Udara

Akhir-akhir ini, Jakarta dan sekitarnya menjadi kota dengan polusi udara paling buruk menurut Indeks Kualitas Udara Dunia (AQI). Data tersebut dikumpulkan dari BMKG Indonesia. Oleh karena itu, kita harus melindungi diri dari polusi udara.  

Ranking Negara paling berpolusi langsung periode September 2023  

ranking negara berpolusi september 2023

Sumber : IQAir  

Buruknya kualitas udara di Ibukota menyebabkan beberapa faktor kesehatan, salah satunya adalah kesehatan paru-paru (pernapasan). Oleh karena itu, kita mulai peduli terhadap perlindungan diri sendiri dan mengurangi polusi udara. Hal ini jangan dianggap sepele, karena bisa berdampak pada kesehatan tubuh jangka panjang. Ada banyak cara untuk tetap sehat dan aman di tengah buruknya kualitas udara.  

Cara Melindungi Diri Dari Polusi Udara  

Polusi udara terus meningkat setiap harinya, sebaiknya kita melakukan beberapa cara untuk melindungi diri dari polusi udara supaya tetap menjaga kesehatan. Perhatikan beberapa tips untuk melindungi diri dari polusi udara berikut ini: 

1. Gunakan masker

Cara agar terhindar dari polusi udara yang pertama adalah menggunakan masker. Ini merupakan hal paling dasar yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari udara tidak sehat. Sebaiknya, memilih masker yang bisa menjaga kesehatan pernapasan sekaligus terasa nyaman saat dipakai. Gunakan masker kain dengan 3 lapis kain yang dilengkapi oleh filter. Selain bisa melindungi diri dari polusi udara, penggunaan masker juga dapat meminimalkan terjadinya penularan virus. 

2. Jangan keluar rumah pada saat jam sibuk

Bila ingin bepergian atau keluar rumah, usahakan untuk memilih waktu yang senggang dan sedang tidak dipadati oleh banyak orang. Tingkat polusi udara tertinggi biasanya ada di pagi dan sore hari. Bila kondisi tersebut tak terhindarkan, sebisa mungkin gunakan masker maupun pelindung badan lainnya agar tetap terjaga. 

3. Menjaga daya tahan tubuh

Cara agar terhindar dari polusi udara supaya tubuh tidak mudah sakit, tentu dengan menjaga daya tahan tubuh dalam kondisi prima. Caranya adalah mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan makanan mengandung vitamin C dan E, serta minum vitamin daya tahan tubuh. 

4. Beralih ke transportasi umum

Salah satu penyumbang polusi udara terbanyak berasal dari asap kendaraan. Untuk mengurangi polusi sekaligus mencegah terpapar langsung oleh polusi, sebaiknya beralih ke transportasi umum seperti KRL, busway, dan angkutan umum.  

5. Hindari membakar sampah

Hindari kebiasaan membakar sampah di depan rumah. Karena asap dari hasil pembakaran berpontensi membahayakan saluran pernapasan. Zat hasil pembakaran, yaitu karbon dioksida, karbon monoksida, dan hidrokarbon bersifat toksik dan dapat meningkatkan risiko infeksi pada paru-paru, asma, dan bronkitis. 

6. Kurangi penggunaan rokok

Rokok merupakan penyumbang terbesar kedua dalam polusi udara. Jika kamu dan orang-orang di sekitarmu terbiasa merokok di dalam rumah, maka kualitas udara di rumah menjadi buruk juga. Hal ini juga bisa memicu penyakit pernapasan pada anggota keluarga, dan anggota keluarga menjadi perokok pasif.  

Rekomendasi Masker untuk Melindungi Diri Dari Polusi Udara  

Usahakan selalu pakai masker saat sedang aktifitas di luar ruangan. Berikut ada beberapa rekomendasi masker yang bisa kamu gunakan:  

1. 3M Aura 1870+

3M AURA 1870+

Masker bedah dan respirator dengan sekali pakai ini memiliki bahan dalam yang nyaman dan membantu memberikan perlindungan pernapasan terhadap partikel udara tertentu. Desain lipatan datar yang dikemas secara individual memungkinkan penyimpanan yang nyaman sebelum digunakan. 

2. 3M 8210 

3M 8210

Respirator partikulat N95 sekali pakai ini dirancang untuk membantu memberikan perlindungan pernapasan pekerja yang nyaman dan andal terhadap partikel tertentu yang bukan berbahan dasar minyak. Didesain dengan busa bantalan hidung dan penjepit hidung yang dapat disesuaikan membantu memberikan kesesuaian dan segel yang aman.  

3. VPRO 3PLY FM3 

VPRO 3PLY

Masker sekali pakai tipe ini berfungsi sebagai pelindung infeksi virus. DIdesain dengan batang hidung yang dapat disesuaikan sehingga tetap nyaman setiap digunakan, dan bebas lateks.   

4. 3M VFlex 9105 

3M VFLEX 9105

Respirator partikulat N95 sekali pakai ini dirancang untuk membantu memberikan perlindungan pernapasan pekerja yang berkualitas dan andal untuk partikel berbasis non-minyak tertentu. Memiliki desain terlipat yang unik berbentuk V yang mengembang untuk membantu mempermudah pernapasan dan melenturkan dengan gerakan mulut agar lebih mudah berbicara. Selain itu, desain flatfold memungkinkan penyimpanan yang nyaman sebelum digunakan.  

Yuk, mari bersama berusaha melindungi diri dari polusi udara demi menjaga kesehatan. Dan lakukan hal-hal kecil mulai dari sekarang untuk mengurangi polusi udara supaya bisa berkontribusi besar di kemudian nanti. Untuk memenuhi kebutuhan masker, kamu bisa membelinya disini atau disini