Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

  081902321010   021-62321010   sales@safetyworld.co.id

Mengenal Fungsi SCBA Dan Komponennya

4 months ago - Penulis Elizabeth Sarah
Mengenal Fungsi SCBA Dan Komponennya

Self Contained Breathing Apparatus (SCBA) merupakan suatu alat pelindung pernapasan yang berdiri sendiri, berisi udara bersih atau oksigen yang dimasukan dalam tabung, sehingga pengguna tidak tergantung lagi dari udara sekelilingnya untuk jangka waktu tertentu. Alat SCBA ini biasa digunakan oleh petugas pemadam kebakaran dan profesi penyelamat lainnya. Faktanya, pemadam kebakaran termasuk profesi berisiko tinggi, sehingga alat bantu pernapasan ini wajib digunakan oleh mereka untuk melindungi diri dan meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan saat bertugas memadamkan api. Di dalam artikel ini akan membahas detail fungsi SCBA dan komponennya, yuk simak berikut ini!  

Fungsi SCBA  

SCBA memungkinkan pengguna mendapatkan udara yang layak selama durasi waktu tertentu. Udara yang dihasilkan oleh SCBA bukanlah oksigen murni, melainkan udara yang telah difiltrasi dan dikompresi. Alat ini memiliki fungsi utama memberikan udara segar untuk menjaga pernapasan tetap stabil sekalipun berada disituasi genting yang termasuk Immediate Danger to Life and Health (IDLH), seperti :  

  • Terdapat kontaminan berupa asap, kabut, debu, atau uap yang berasal dari peristiwa kebakaran.  
  • Di dalam air atau lingkungan minim oksigen (di bawah 19.5%)  
  • Kawasan pengeboran minyak dan tambang yang dipenuhi gas beracun, hidrogen sulfide.  
  • Lingkungan dengan temperatur tinggi.
  • Keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan pertama, seperti sesak napas. 

Ada dua jenis utama SCBA yang banyak digunakan saat ini, yaitu SCBA sirkuit terbuka dan SCBA sirkuit tertutup. Kedua jenis SCBA tersebut memiliki perbedaan. Untuk SCBA sirkuit terbuka biasa digunakan untuk penggunaan/operasi penyelamatan yang cenderung sangat lama. Udara secara terus menerus diolah kembali atau didaur ulang sehingga penggunanya terus mendapatkan pasokan oksigen. Sedangkan untuk SCBA sirkuit tertutup, oksigen dikompresi agar masuk ke dalam silinder udara. SCBA ini biasa digunakan untuk penggunaan yang lebih singkat. SCBA yang digunakan di kapal sebagian besar berjenis sirkuit terbuka. Dalam hal ini, udara yang dihembuskan dibuang ke atmosfer sementara udara dari silinder bisa untuk dihirup.   

Komponen-Komponen SCBA  

1. Silinder Udara (Assembly Air Cylinder) 

Silinder udara merupakan komponen yang terpenting dalam SCBA. Dalam SCBA sirkuit terbuka, silinder udara dikenal sebagai re-breather yang mendaur ulang udara. Sementara silinder udara yang lainnya diisi dengan oksigen untuk dihirup yang memungkinkan pengguna mampu melewati area yang dipenuhi asap. Perlu dilakukan pengecekan rutin pada silinder udara setelah SCBA digunakan agar tidak kosong saat tiba-tiba dibutuhkan. Selain itu, terdapat juga silinder udara tambahan yang disediakan untuk orang lain ketika digunakan untuk penyelamatan. Jadi, silinder udara tambahan ini juga bisa dijadikan cadangan ketika silinder utama sudah habis.   

2. Assembly Regulator 

Regulator merupakan salah satu komponen SCBA. Regulator ini yang dapat dipasang ke tali pembawa atau tali bahu, atau dipakaikan langsung ke bagian muka. Regulator untuk mengontrol aliran udara. Regulator mengontrol aliran udara. Pernapasan mengurangi air pressure di respirator. Perubahan tekanan ini membuka regulator yang pada gilirannya mengeluarkan udara dari silinder. Saat penghirupan berakhir, regulator memutus pasokan udara. Saat pengguna menghembuskan napas, katup lain (katup ekshalasi) terbuka sehingga memungkinkan udara yang dihembuskan keluar ke atmosfer. Regulator ini berfungsi menghasilkan udara yang besar untuk mendukung operasi yang berat untuk diperlukan dalam pemadaman kebakaran. Hampir kebanyakan alat bantu pernapasan mandiri dilengkapi dengan perangkat pelepas tekanan dua arah yang secara otomatis menyediakan metode cadangan (emergency by-pass mode) untuk memasok udara ke regulator jika terjadi kegagalan jalur utama.  

3. Backpack & Harness 

Backpack menyediakan kerangka untuk memasang bagian kerja SCBA lainnya. Biasanya, komponen SCBA ini menerapkan material logam ringan atau komposit. Sedangkan harness meliputi tali pengikat dan pengencang yang digunakan untuk memasangkan SCBA ke petugas pemadam kebakaran. Sebagian besar komponen SCBA memiliki dua shoulder strap yang dapat disesuaikan dan sabuk pinggang. Tali harus terbuat dari bahan seperti kevlar, yang kuat dan tahan temperatur tinggi. Berat sabuk dan strap bahu mungkin berbeda di beberapa model. Backpack ini dapat diisi dengan silinder udara, dan peralatan keamanan lainnya yang diperlukan.   

4. Facepiece Assembly 

Facepiece adalah komponen SCBA untuk memungkinkan petugas pemadam untuk bernapas dan melindungi wajah dari suhu tinggi dan asap. Termasuk masker dengan lensa bening, katup pernapasan, pengatur yang dipasang di tali pengaman, dan supply hose fleksibel low-pressure. Penutup wajah penuh (full facepiece) merupakan komponen SCBA dengan kegunaan menutupi hidung, mulut, dan mata. Bagian dari masker wajah menutupi hidung dan mulut. Bagian yang bersentuhan dengan kulit dari karet atau silikon khusus, karena bahan ini menutup rapat. Sedangkan untuk lensa bening yang menawarkan penglihatan yang lebih baik. Udara yang ditiupkan, dikeluarkan dari penutup wajah melalui katup pernapasan satu arah dengan mekanisme pegas mempertahankan tekanan positif pada penutup wajah.    

Demikian informasi mengenai fungsi SCBA dan komponennya yang perlu Sahabat Safety ketahui supaya tidak salah dalam menggunakan SCBA. Jika Sahabat Safety membutuhkan SCBA, bisa dapatkan di Safety World dengan berbagai merk SCBA yang berkualitas!