Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

  081902321010   021-62321010   sales@safetyworld.co.id

Mengenal Alat Keselamatan Lalu Lintas yang Sering Ditemui

4 months ago - Penulis Elizabeth Sarah
Mengenal Alat Keselamatan Lalu Lintas yang Sering Ditemui

Alat keselamatan lalu lintas memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan kelancaran arus kendaraan di jalan raya. Terkadang kita menemukan beberapa peralatan lalu lintas di jalan, namun kita kurang paham fungsi dan manfaatnya. Keuntungannya, yaitu meningkatkan fungsi pencegahan, mengurangi kemacetan lalu lintas, meningkatkan keamanan di jalanan, meningkatkan ketertiban di jalan, mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas, dan masih banyak lagi. Yuk, mari mengenal apa saja alat keselamatan lalu lintas yang sering kamu temukan di jalan raya!  

Macam-Macam Alat Keselamatan Lalu Lintas 

1. Traffic Cone 

                      Traffic Cone GOSAVE TC 75CM  

Traffic cone atau kerucut lalu lintas merupakan penanda lalu lintas yang sifatnya hanya sementara. Alat ini memiliki bahan dasar berupa plastik atau karet dan memiliki warna yang mencolok misalnya merah atau orange serta dilengkapi pemantul cahaya. Biasanya digunakan untuk mengarahkan lalu lintas ketika sedang ada perbaikan jalan atau proyek agar lalu lintas teralihkan pada jalur lainnya. Selain itu, alat keselamatan lalu lintas ini memiliki fungsi mengalihkan lalu lintas ketika sedang terjadi kecelakaan. Bisa juga digunakan untuk melindungi seseorang yang sedang bekerja di jalanan, misalnya petugas taman atau dinas kebersihan dan tata kota melakukan perawatan serta pemeliharaan jalan.   

2. Kaca Cembung (Convex Mirror)

                       Convex Mirror Outdoor/Indoor 60 cm  

Salah satu alat keselamatan lalu lintas ini dikenal sebagai ‘cermin cembung’ yang berfungsi sebagai alat bantu pengendara untuk melihat dari sudut yang cukup untuk melihat kendaraan lainnya di setiap sudut. Cermin cembung ini dipasang di area menikung, persimpangan jalan raya ataupun di daerah rawan terjadi kecelakaan. Selain itu, cermin cembung ini juga biasa di letakkan di area parkir untuk meminimalisir kecelakaan karena tempat yang terbatas dan tikungan yang tajam. Material lensa cermin terbuat dari polycarbonate (bukan kaca), dan untuk material sisi belakang cermin warna orange dari bahan plastik PVC.   

3. Polisi Tidur Karet (Rubber Speed Hump)

              Polisi Tidur Karet / Rubber Speed Hump 50cm  

Polisi tidur karet atau rubber speed hump yang berfungsi sebagai pembatas laju atau kecepatan kendaraan pada saat berkendara di jalan raya. Polisi tidur ini dapat dipindahkan dengan mudah sesuai dengan kebutuhan dan juga dapat disusun sesuai dengan bentang atau lebar jalan. Polisi tidur ini terbuat dari material karet/rubber, serta memiliki warna hitam dan kuning. 

4. Pembatas Jalan (Road Barrier)

                  Board Barrier Lipat L 250cm x H 97cm  

Jalanan menjadi tempat menghubungkan satu tempat dengan tempat lainnya. Namun, seiring dengan semakin besarnya jalan, keamanan menjadi prioritas utama dalam pembangunan. Pasti kamu sering menemukan pembatas jalan saat kamu melewati jalan raya. Benda ini merupakan salah satu alat keselamatan lalu lintas (road safety) yang memiliki beberapa manfaat, seperti mengontrol lalu lintas, memberikan tuntunan arus, menghindari kemacetan, dan menghambat lokasi yang tak bisa dilewati. Road Barrier ada yang terbuat dari beton dan plastik. Biasanya yang terbuat dari plastik memiliki warna yang terang yaitu kuning & hitam, orange, merah supaya dapat terlihat dari jauh oleh pengendara.   

5. Lampu Stick (Traffic Baton)

                           VPRO TB29  

Alat ini adalah sebuah lampu sign berbentuk tongkat yang banyak dugunakan untuk mengatur lalu lintas. Lampu stick didukung oleh LED, tongkat sinyal ringkas ini menggunakan diffuser berlapis fluoresens untuk meningkatkan output lampu merah. Biasanya, lampu stick digunakan oleh polisi lalu lintas, petugas parkir, dan petugas keamanan.  

Dari macam-macam alat keselamatan lalu lintas di atas, manakah yang sering kamu jumpai? Setelah penjabaran di atas, kamu sudah makin mengenal nama dan fungsinya, bukan? Jika kamu ingin mengetahui alat keselamatan lalu lintas yang lainnya, kamu bisa kunjungi website kami dengan klik di sini ya!