Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

  081902321010   021-62321010   sales@safetyworld.co.id

Kenalin 3 Jenis dan Fungsi Respirator Untuk Konstruksi

5 months ago - Penulis Elizabeth Sarah
Kenalin 3 Jenis dan Fungsi Respirator Untuk Konstruksi

Debu yang beterbangan dari lokasi konstruksi bisa berbahaya untuk kesehatan pekerja. Mengapa begitu? Karena dengan adanya debu (seperti silika, kayu, timah) yang dihasilkan dari aktivitas, bisa saja timbul penyakit saluran pernapasan yang dapat menyebabkan kematian. Disinilah dimana fungsi respirator menjadi berguna untuk pekerja untuk mencegah penyakit  seperti kanker paru-paru, chronic obstructive pulmonary disease, dan sebagainya.  

Namun, sebelum mengetahui karakteristik respirator, ketahui terlebih dahulu “masker respirator adalah apa ya?”. Blog ini akan menjelaskan panduan singkat terkait jenis respirator, yuk dibaca selanjutnya!  

Mengenal Fungsi Respirator Sebagai APD Safety Dust Control 

Bekerja Dalam Lingkungan Berdebu  

Apabila Anda bekerja didalam lingkungan yang memiliki risiko bahaya debu silika, kayu, ataupun timah, Anda wajib  menggunakan masker respirator sebagai APD safety. Peraturan ini sudah dibuat oleh The Occupational Safety and Health Administration (OSHA), dan pekerja wajib mengikuti ketentuan sebagai berikut:  

  1. Pastikan pekerja menggunakan respirator dan apabila bersifat re-usable, Anda wajib merawat/membersihkan respirator berdasarkan panduan manufaktur.
  2. Pastikan hanya respirator dengan sertifikasi NIOSH yang digunakan. 
  3. Pastikan lingkungan Anda bebas dari kontaminan yang respirator Anda tidak bisa saring. Hal ini meliputi gas, uap atau partikel yang sangat kecil. Hal ini akan mengganggu fungsi respirator. 
  4. Menjaga respirator Anda 

Pemilihan Jenis Respirator  

Masker respirator adalah jenis APD yang penting, maka dari itu memilih respirator yang tersertifikasi NIOSH adalah kewajiban untuk kesehatan dan keselamatan Anda. Biasanya, di lingkungan konstruksi, pekerja akan menggunakan jenis respirator air purifying. Berikut adalah kelas filter utama yang biasanya dipakai pekerja: 

  • Seri N : penyaringan tidak tahan terhadap partikel minyak 
  • Seri R : penyaringan terhadap minyak dengan catatan jangka waktu tertentu 
  • Seri P : sudah disebut sebagai oil-proof  

Selain itu, efisiensi penyaringan masker juga berbeda. Biasanya penyaringan partikel bisa dilakukan sebesar 95%, 99%, dan 99.97%. Contohnya, apabila masker Anda adalah masker N95, maka fungsi respirator Anda memiliki efisiensi tingkat 95%. Biasanya, masker respirator yang dibeli meliputi N95 dan P100. 

Reusable Half-Mask

Reusable Halfmask Facepiece Respirator

Reusable half mask adalah jenis respirator yang memiliki filter-holding unit. Jenis APD safety ini biasanya terbuat dari bahan plastik atau karet. Reusable half-mask memiliki exhaust valve yang disambung kepada tali untuk memastikan keketatan pada wajah pengguna. Kemudian, filter pada masker ini bisa digantikan.  

Kekhawatirannya adalah, di beberapa contoh kasus jenis masker ini menyebabkan iritasi pada kulit. Selain itu, respirator ini bisa mengganggu pengguna yang memakai kacamata.  

Filtering Face Piece Respirators (FFRs) 

Filtering Face Piece Respirators

Kita ketahui bahwa fungsi respirator adalah untuk menyaring partikel udara yang kami hirup. Dengan memakai masker medis saja Anda sudah memakai masker jenis FFRs. Pada umumnya FFRs, memiliki berat yang lebih enteng ketimbang half-mask respirator. Seluruh permukaan masker telah dibuat dari bahan penyaring yang bisa menutupi hidung dan mulut. Keuntungan dari FFR adalah mereka bersifat sangat nyaman dan tidak memerlukan perawatan. Namun, tidak se-efektif jenis masker lainnya.  

Powered Air-Purifying Respirators (PAPRs) 

Powered Air-Purifying Respirators

PAPRs menggunakan sistem kipas untuk menghisap udara luar kepada filter respirator. Hal ini membuat pengguna lebih mudah untuk bernapas tetapi jenis respirator ini memerlukan baterai untuk bekerja. 3 kelas filter utama untuk PAPRs meliputi: PAPR100-N, PAPR100-P dan HE. Seluruh tiga filter ini wajib memiliki efisiensi filter sebesar 99.97%.  

Selanjutnya, PAPRs biasanya di desain untuk memiliki kompatibilitas dengan aksesoris lain seperti visor, sabuk baterai dan kipas, dan sistem filter. Hal ini dilakukan supaya dapat melindungi kepala, paru-paru, dan mata.  

Inilah fungsi respirator berdasarkan masing-masing jenis respirator. Masker respirator adalah APD safety penting untuk digunakan dalam konstruksi ketika terdapat bahaya risiko. Pastikan Anda memilih masker respirator yang benar supaya respirator bisa bekerja dengan optimal untuk melindungi Anda. Kunjungi toko kami untuk membeli masker dan respirator. Salam sehat sobat safety!