Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

  081902321010   021-62321010   sales@safetyworld.co.id

Kenali Jenis-Jenis Kacamata Safety beserta Fungsinya

9 months ago - Penulis Elizabeth Sarah
Kenali Jenis-Jenis Kacamata Safety beserta Fungsinya

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang penting bagi manusia. Oleh karena itu, mata yang sangat berharga ini seharusnya dijaga, dilindungi, dan diprioritaskan. Berbagai inovasi telah dikembangkan untuk menciptakan produk pelindung mata atau biasa dikenal kacamata safety. Kacamata safety dirancang khusus untuk melindungi penggunanya dari berbagai risiko kecelakaan kerja. Terutama pada tempat-tempat yang memiliki tingkat risiko cidera pada organ mata, seperti ruang produksi, workshop, tambang, perakitan, laboratorium, dan lainnya. Kacamata safety memiliki berbagai macam jenis dan juga fungsi yang berbeda-beda yang bisa menyesuaikan area kerja. Agar tidak salah dalam membeli kacamata safety, sebaiknya Anda mengenal jenis-jenisnya secara lebih detail. Hal ini agar Anda mendapatkan fungsi dari kacamata safety secara maksimal sehingga mata Anda akan aman dan terhindar dari risiko kecelakaan kerja. Apa saja jenis-jenis kacamata safety? Mari simak penjelasannya berikut ini! 

 

Jenis-Jenis Kacamata Safety dan Fungsi

1. Kacamata Safety Spectales

                            Safeguard Zeus 

Kacamata Safety Spectales atau lebih dikenal kacamata safety bening memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan kacamata biasa pada umumnya. Namun, material yang digunakan untuk membuat kacamata safety spectales menggunakan material khusus. Ada 2 tipe kaca pada safety spectales, yaitu bening dan berwarna. Kaca bening berfungsi untuk memberikan perlindungan dari partikel benda asing yang bertebangan di udara dan kemungkinan akan masuk ke mata. Sedangkan, untuk kaca yang berwarna kuning untuk memberikan perlindungan terhadap cahaya biru (blue light) pada cahaya rendah. Warna abu-abu atau coklat digunakan untuk melindungi dari sinar matahari, sinar UV, dan benturan. Biasanya, kacamata ini digunakan untuk di luar ruangan. Frame pada kacamata safety spectales terbuat dari logam atau plastik. Ukuran lensa untuk safety spectales dibuat berbeda-beda, sehingga pengguna dapat memilihnya berdasarkan kebutuhan dan kenyamanan masing-masing. 

 

2. Kacamata Safety Goggles / Overspecs

                            Blue Eagle Dust Goggle NP102 

Kacamata ini sekilas terlihat mirip seperti kacamata renang. Kacamata safety goggles melindungi area di sekitar mata. Kacamata ini dirancang untuk menutupi sekitar area mata sehingga pengguna tidak terkena debu atau serpihan yang maasuk melalui celah. Setiap celah pada kacamata tertutup rapat yang dilapisi karet fleksibel sehingga tidak akan terasa sakit atau lecet. Beberapa fitur dari kacamata goggles adalah dilengkapi dengan anti kabut, anti gores, dan tali pengikat yang dapat disesuaikan dengan lingkaran kepala pengguna. Kacamata safety goggles diperuntukkan bagi pekerja di laboratorium, pabrik, dan konstruksi. Memakai kacamata safety goggles sudah menjadi kewajiban bagi para pekerja tersebut karena untuk melindungi mata dari perih karena bahan kimia, dan serpihan debu dari konstruksi.  

 

3. Face Shield / Face Screens

                            3M Faceshield WP96 

Saat hadirnya virus covid-19 di dunia ini, face shiled ini sudah menjadi familiar, karena banyak digunakan oleh masyarakat umum maupun tenanga kesehatan/medis. Face shiled adalah alat pelindung wajah dari segala partikel kecil seperti debu, cipratan bahan kimia, logam dan penyakit yang dapat menular melalui air liur seperti bakteri dan virus. Face shield terbagi menjadi 2 jenis yaitu face shield industri dan face shield kesehatan/medis. Yang membedakan keduanya adalah dari fitur dan kegunaan yang telah disesuaikan untuk kebutuhan dan kegiatan dari masing-masing. Selain itu, face shield dirancang dari bahan transparan dan ketebalannya pun berbeda-beda. Alangkah baiknya sebelum menggunakan face shield, gunakan kacamata safety spectales terlebih dahulu supaya lebih aman dengan maksimal. 

 

4. Visor / Bowguards

                                       Blue Eagle Visor FC49M 

Bentuk visor hampir sama dengan face shield, namun visor ini dilengkapi dengan pelindung kepala sebagai aksesoris tambahan guna melindungi kepala bagian atas. Terdapat 2 tipe kaca pada visor yaitu bening dan berwarna yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Visor memiliki bahan yang lebih kuat dan tidak mudah lepas dengan sistem headband yang dapat diatur kekencangan sehingga nyaman dan fit saat digunakan. Fungsi dari Visor yaitu melindungi wajah dari percikan bahan kimia, logam cair, serbuk dari proses pengeringan, dan sebagainya. Visor melindungi secara maksimal dari keseluruhan area wajah dari bagian depan dan atas kepala. Visor juga dapat digunakan bersama dengan helm safety.  

 

5. Kacamata Las (Welding Glasses)

                          Kedok Las Blue Eagle 633P 

Bagi para pekerja las, alat ini sudah menjadi sahabat untuk mereka. Karena pekerja las wajib menggunakan kacamata las untuk melindungi mata dari efek photokeratitis atau kilatan cahaya ekstrem dan radiasi panas. Lensa dari kacamata las memiliki shade atau kegelapan yang bisa diatur menyesuaikan kebutuhan agar mata tidak silau saat melakukan pengerjaan las. Semakin tinggi tingkat shade, semakin gelap pula lensanya. Biasanya, untuk pengelasan gas, tingkat shade yang dibutuhkan cukup 3 sampai 5 saja. Tetapi untuk las busur atau listrik membutuhkan tingkat shade yang lebih tinggi untuk melindungi mata dari paparan cahaya yang lebih terang. 

 

Itulah jenis-jenis kacamata safety beserta fungsinya. Dengan informasi di atas, Anda sudah tidak bingung lagi untuk memilih kacamata safety yang tepat dan sesuai pekerjaan Anda. Mulai dari sekarang, Anda harus lebih memperhatikan dan mengutamakan keselamatan Anda. Jika Anda membutuhkan kacamata safety, Anda bisa temukan kacamata safety yang lengkap dan berkualitas di Safety World. Anda bisa membelinya melalui E-Commerce di Shopee atau Tokopedia.