Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

  081902321010   021-62321010   sales@safetyworld.co.id

4 Manfaat Kacamata Safety Untuk Cegah Cedera Mata

5 months ago - Penulis Elizabeth Sarah
4 Manfaat Kacamata Safety Untuk Cegah Cedera Mata

Memastikan mata pekerja terlindungi di lingkungan konstruksi adalah hal yang diutamakan bagi semua perusahaan. Pada umumnya, manfaat kacamata safety ditujukan sebagai pelindung mata dari risiko potensi bahaya di tempat kerja, seperti serpihan partikel atau debu. Selain itu, kacamata  juga dapat melindungi dari cedera  mata yang fatal lho...  

Mata kita adalah salah satu organ sensori yang berharga karena membantu kita  untuk menavigasi lingkungan sekitar kita dengan mudah di setiap situasi. Jadi kita harus menjaga mata kita dengan baik. Blog ini akan membahas pentingnya menggunakan kaca mata pelindung mata di lingkungan kerja. Yuk simak lebih lanjut!  

Lakukan Penilaian Risiko Terlebih Dahulu 

Di sebagian besar tempat kerja, penilaian risiko atau risk assesment dilakukan untuk mengetahui potensi bahaya yang dihadapi pekerja dan jenis alat pelindung diri (APD) apa saja yang pekerja perlukan. Tentunya, setiap tempat kerja itu berisiko tinggi dengan cedera apa pun. Tetapi, risiko yang ada belum tentu jelas seperti jenis risiko lainnya yang sudah pasti.  

Melaksanakan penilaian risiko secara teratur dan menyeluruh memastikan pekerja tetap aman dan juga alat pelindung mata yang dibeli tidak tersia-siakan. Ketika terdapat risiko cedera mata setelah melakukan penilaian risiko, Anda akan paham terkait peran dan manfaat kacamata safety.  

Penyebab Potensi Cedera Mata  

Berdasarkan HSE (Heath, Safety and Environment), potensi bahaya yang dapat mengakibatkan cedera mata adalah sebagai berikut. 

  • Cipratan cairan kimia  
  • Gas kimia bersifat iritan  
  • Asam  
  • Cipratan logam cair 
  • Benturan batu kerikil maupun bahan lainnya 
  • Uap berbahaya  
  • Radiasi  

Kaca mata pelindung mata memiliki manfaat yang baik apabila digunakan untuk mencegah cedera mata permanen hingga kematian atas hal-hal tersebut.  

Manfaat Kacamata Safety Untuk Keselamatan Pekerja 

  • Untuk Mata Sensitif

    Sensitivitas mata dapat dikurangi dengan memakai kacamata yang menghalangi sinar cahaya. Sebagian besar pengguna merasakan penurunan signifikan pada tingkat sensitivitas mata yang mereka alami setelah melindungi mata mereka dengan kaca mata pelindung mata karena pemblokiran cahaya. 
  • Alergi Mata

    Manfaat kacamata safety juga mencakup sebagai penghalang antara mata dan udara diluar sisi kacamata. Yang dimaksud dari ini adalah, pencegahan udara polisi atau gas/uap yang dapat mengiritasi mata sehingga mengganggu kenyamanan pekerja. 
  • Paparan Sinar UV Berbahaya

    Cedera mata akibat sinar UV dapat menyebabkan iritasi pada bagian kornea, hal ini mengakibatkan kondisi yang disebut “fotokeratitis”. Mengenakan kacamata pelindung dengan lensa anti-UV dapat melindungi mata Anda saat terpapar sinar UV. Namun, perlu diketahui bahwa menambahkan kegelapan lensa tidak selalu berkorelasi dengan meningkatkan perlindungan UV ya.. 
  • Risiko Benturan 

    Kapan pun Anda terlibat dalam aktivitas yang menghasilkan serpihan partikel, pasti ada potensi bahan tersebut  yang bisa bentur dengan mata Anda. Fungsi kacamata safety juga bisa digunakan untuk mencegah benturan yang bisa mengakibatkan cedera mata.  

Risiko terhadap cedera mata itu perlu diwaspadai lho.. Sudah tau kan manfaat kacamata safety itu apa saja. Dari setiap lingkungan kerja, pastikan saja Anda tidak melupakan penilaian risiko untuk mengetahui risikonya apa saja. Kemudian, apabila diperlukan pelindung mata, pastikan Anda gunakan dengan benar. Semangat bekerja Safety Friends!  Anda dapat baca juga jenis kacamata safety.