Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

  081902321010   021-62321010   sales@safetyworld.co.id

Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

4 months ago - Penulis Elizabeth Sarah
Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

Musim hujan telah tiba, bagi pengendara harus mempersiapkan diri dan cek kendaraan kamu supaya menjaga keselamatan selama di perjalanan. Perihal cuaca kita susah menebaknya, oleh karena itu kita harus bisa mengantisipasi berbagai dampak yang ditimbulkan saat hujan turun. Berikut tips aman berkendara saat musim hujan tiba.  

Tips Berkendara Motor Saat Hujan 

1. Menggunakan Jas Hujan Mode Single 

Saat hujan turun, gunakanlah has hujan mode single supaya tetap aman. Masih banyak pengendara motor yang menggunakan jas hujan tandem atau kalong yang bisa menyulitkan atau membahayakan pengendara motor lain. Maka dari itu, lebih baik gunakan jas hujan celana agar lebih praktis dan nyaman. Simpanlah selalu jas hujan di dalam bagasi motor agar ketika hujan turun, kamu tetap bisa melanjutkan perjalanan tanpa risau akan basah pakaian kamu. Untuk yang mencari jas hujan yang berkualitas dan harga kompetitif, kamu bisa buka artikel kami sebelumnya yaitu rekomendasi jas hujan dari Safeguard. 

2. Hindarkan Untuk Rem Mendadak

Jalanan di tanah air tidak semua mulus, ada jalanan yang bergelombang, berbatu, dan berlubang yang tentu akan mengganggu perjalanan. Ketika hujan, jarak pandang menjadi semakin pendek dan jalanan berlubang akan tertutup air sehingga pengendara sering terkecoh sehingga bisa membahayakan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak rem mendadak saat hujan. Rem mendadak bisa menyebabkan kecelakaan dan bisa membahayakan pengendara lain yang ada di belakang. Lebih baik berkendara dengan kecepatan yang minim dan menjaga jarak dengan pengendara lain agar tidak terjadi kecelakaan. 

3. Menyalakan Lampu Kendaraan

Pastikan sebelum jalan, lampu kendaraan kamu menyala. Karena terkadang kita tidak menyadari bahwa lampu sudah menyala atau belum apalagi motor yang masih manual menyalakan lampu. Tips ini akan mempermudah kamu melihat pengendara lain dengan jelas, dan bagi pengendara lain juga akan lebih mudah melihat kamu.  

4. Menepi Saat Ada Masalah

Saat tengah hujan, jika kamu merasa terjadi masalah dengan motor kamu maka sebaiknya menepi sejenak dan jangan memaksakan untuk tetap jalan apabila jalanan banjir yang cukup tinggi. Selain masalah kendaraan, kondisi tubuh juga harus diperhatikan. Jika kamu merasa kurang fit, sebaiknya menepi untuk istirahat sejenak. Karena kondisi tubuh yang kurang sehat akan sangat berbahaya dan berkendara jadi kurang fokus.   

5. Waspada Saat Berkendara

Kondisi jalanan yang kurang baik ditambah jarak pandang yang pendek mengharuskan pengendara motor untuk tetap waspada. Pastikan kamu memperhatikan rambu lalu lintas dan mobilitas dari pengendara lain.   

Tips Berkendara Mobil Saat Hujan 

1. Cek Kondisi Mobil

Cek kondisi mobil sebelum berangkat, pastikan bahwa semua bagian dari mobil berfungsi dengan baik. Bagian-bagian dari mobil selain mesin juga harus diperhatikan, seperti lampu, wiper kaca, dan ban mobil. Usahakan selalu membawa ban serep untuk berjaga-jaga saat ban mobil terjadi masalah. 

2. Menyalakan Lampu

Menyalakan lampu mobil saat hujan deras sangat penting karena membantu kamu dan pengendara lain untuk melihat jalan dan mengurangi risiko kecelakaan. Selain itu, disarankan untuk menggunakan lampu jarak jauh untuk memberikan tanda keberadaan kamu kepada pengendara lain yang berada di jalan karena hujan jarak pandang sering tidak terlihat. Namun, saat hujan deras tidak disarankan untuk menggunakan lampu hazard karena lampu tersebut hanya digunakan untuk keadaan darurat. 

3. Atur Suhu AC Mobil

Demi menjaga kenyamanan berkendara saat hujan deras, kamu bisa mengatur suhu AC di dalam mobil menjadi lebih tinggi. Pada saat cuaca dingin, udara di dalam mobil yang lebih hangat dibandingkan udara luar akan menyebabkan kondensasi uap air di dalam mobil sehingga dapat mengakibatkan kaca mobil menjadi kabur atau mengembun.   

4. Jaga Jarak dengan Pengendara Lain

Kamu harus menjaga jarak yang aman dengan pengendara lain pada saat hujan. Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Dan dimaksudkan supaya pengendara memiliki ruang lebih banyak saat menghentikan laju kendaraan untuk menghindari menabrak kendaraan lain. 

5. Hindari Genangan Air

Ketika mobil melaju melewati genangan air, akan berpengaruh pada kerusakan suspensi mobil dan komponen-komponen lain seperti sistem pendingin dan transmisi. Genangan air yang masuk ke dalam mesin mobil dapat berpontensi merusak sistem sirkulasi air seperti radiator dan pompa air, yang akan menyebabkan kerusakan pada mesin mobil dan menyebabkan overheat. Tips ini cukup efektif dalam menurunkan risiko adanya kecelakaan tunggal di jalan.  

Itulah di atas beberapa tips aman berkendara saat hujan untuk pengendara motor dan mobil. Jika tidak darurat, sebaiknya kamu menghindari aktivitas berkendara saat hujan terlebih lagi jika jalanan yang kamu lalui seringkali banjir. Dengan begitu, kamu bisa menghindari risiko kecelakaan dan selalu utamakan keselamatan kamu dalam berkendara.