Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

021-62321010 sales@safetyworld.co.id

Perbedaan Masker Medis dan Masker Non Medis

12 months ago - Penulis Kevin Chandra
Perbedaan Masker Medis dan Masker Non Medis

Selama masa pandemik, masker menjelma menjadi produk kebutuhan sehari-hari. Sebelumnya masker hanya digunakan oleh industri tertentu seperti industri kesehatan (tenaga medis) dan lainnya. Namun, semua itu berubah saat awal masa pandemik dimana terjadi kelangkaan produk masker. Banyak orang mencari masker, baik itu masker non medis maupun medis. Pandemik virus Covid-19 membuat masyarakat lebih berjaga-jaga dan menggunakan masker sebagai bagian dari protokol kesehatan (prokes) yang harus diterapkan.

Masker atau respirator N95 menjadi produk langka di awal masa pandemik. Banyak masyarakat berburu masker sementara industri dan pabrik masker tidak siap mengantisipasi meledaknya kebutuhan masker. Selain masker N95, masker kain dan masker 3 ply juga banyak dicari. Disaat kebutuhan akan masker untuk tenaga kesehatan sangat kurang, pemerintah mengimbau agar masyarakat umum cukup menggunakan masker 2 lapis, yaitu masker kain dan masker 3 ply.

Peraturan tersebut cukup berpengaruh untuk menstabilkan tingkat kebutuhan masker di Indonesia. Namun muncul pertanyaan, apakah masker kain cukup untuk melindungi kita? apa masker yang harus kita beli? masker non medis atau medis? Lalu apa perbedaan diantara keduanya? Yuk kita bahas!

Pengertian Masker Non Medis dan Contoh Produknya

Pada dasarnya, masker digunakan untuk membatasi antara kita dengan orang lain atau lawan bicara kita. Jangan salah mengira bahwa masker bisa menyaring semua partikel di udara yang masuk ke pernapasan kita. Hal tersebut bisa dilakukan oleh respirator, bukan masker. Fungsi filtrasi di masker memang ada namun sangat kecil. Sedangkan respirator memang merupakan produk yang dibuat dengan kemampuan filtrasi partikel di udara. Ini satu hal yang perlu kita tahu terlebih dahulu.

Setelah mengetahui perbedaan masker dan respirator, kini kita akan membahas apa saja yang termasuk dalam kategori masker non medis:

  • Masker Kain: Masker kain adalah masker non medis dengan 2 lapisan perlindungan. Biasanya masker ini dapat digunakan kembali setelah dicuci.
  • Masker 3 ply: Masker yang terdiri dari 3 lapisan perlindungan (bagian luar, tengah dan dalam) yang berfungsi untuk mencegah droplet saat kita berbicara dengan orang lain.
  • Masker 4 ply: Sama seperti masker 3 ply, masker 4 ply adalah masker dengan 4 lapisan perlindungan. Biasanya design masker 4 ply lebih stylish dan modern.
  • dan lainnya

Semua masker non medis tidak memiliki standar anti resapan liquid. Itu salah satu karakter utamanya. Jadi, jangan mengira bahwa semakin banyak lapisan masker (masker 3 ply, masker 4 ply) maka semakin bagus masker tersebut. Perbedaan antara masker kain, masker 3 ply dan 4 ply hanya dari seberapa jauh jarak perlindungannya ke orang lain.

Pengertian Masker Medis dan Contoh Produknya

Masker medis atau medical face mask adalah produk masker yang memenuhi standar anti resapan atau cairan liquid seperti darah dan cairan tubuh lainnya. Hal tersebut yang menjadi perbedaan paling mendasar antara masker non medis dan medis. Petugas kesehatan atau tenaga kesehatan (nakes) sangat disarankan menggunakan masker tipe ini. Kegiatan seperti operasi dapat memunculkan resiko percikan darah dan cairan lainnya, untuk itu nakes membutuhkan masker yang dapat menahan cairan liquid tersebut.

Salah satu bukti bahwa masker tersebut memenuhi standar medis adalah jika memiliki AKL. Produk yang memiliki ijin edar AKL untuk kategori alat kesehatan sudah pasti merupakan produk medis. Tidak mudah untuk mendapatkan ijin edar dari AKL, karena ada 2 syarat yang harus dipenuhi. Pertama, pabrik pembuatan masker tersebut harus memenuhi standar medis, baik dari segi peralatan maupun teknologi. Syarat kedua adalah masker tersebut harus memenuhi standar anti cairan liquid. Produk masker yang telah memiliki nomor registrasi AKL tandanya telah diakui di Indonesia sebagai medical face mask.

Untuk memilih masker mana yang ingin dibeli, pastikan bahwa Anda menilai dari kebutuhan berdasarkan kegiatan sehari-hari Anda. Jika untuk kegiatan sehari-hari tanpa adanya resiko pekerjaan dengan droplet cairan liquid, maka masker non medis bisa menjadi pilihan Anda. Namun, jika kegiatan atau pekerjaan Anda rentan dengan resiko terkena cairan liquid seperti darah dan cairan lainnya, maka gunakanlah yang berstandar medis. Jangan lupa untuk beli masker di toko safety terdekat di Jakarta, yaitu toko Safety World LTC Glodok.