Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

  081902321010   021-62321010   sales@safetyworld.co.id

Mari Mengenal Perbedaan Earmuff Dan Earplug

3 months ago - Penulis Elizabeth Sarah
Mari Mengenal Perbedaan Earmuff Dan Earplug

Jika kamu bekerja di area dengan tingkat polusi suara tinggi seperti bandara, pabrik, dan lokasi konstruksi, alat pelindung pendengaran atau hearing protection menjadi salah satu perlengkapan yang wajib kamu gunakan. Kenapa wajib? Karena dapat melindungi telinga dari potensi kerusakan akibat seringnya terpapar suara bertingkat tinggi. Ada 2 jenis alat pelindung pendengaran, yaitu earmuff dan earplug. Yuk, simak artikel berikut ini untuk mengenal perbedaan Earmuff dan Earplug! 

Earmuff 

                             Earmuff VPRO EM003 

Earmuff adalah pelindung telinga mirip headphone yang menutupi (melindungi) semua bagian telinga. Alat ini memiliki bentuk seperti bando dan ada cup di setiap ujungnya. Earmuff ini pada umumnya dilapisi dengan bahan yang lembut seperti foam atau spons. Earmuff ini bersifat reuse atau dapat digunakan berkali-kali. Kelebihan yang dimiliki Earmuff adalah memberikan perlindungan yang lebih besar dibandingkan earplug. Selain itu, earmuff juga memiliki pilihan yang bervariasi berdasarkan bahan, kekuatan ikat kepala (head band), kedalaman penutup. Kekurangan dari earmuff yaitu kurang cocok digunakan untuk di lingkungan kerja panas, dan juga harga earmuff lebih mahal. 

Earplug 

                                                Earplug 3M 4002 

Earplug (penyumbat telinga) adalah alat pelindung telinga berukuran kecil terbuat dari busa lunak atau bahan keras yang digunakan dengan cara dimasukkan langsung ke lubang telinga. Berdasarkan bentuknya, earplug terbagi 3 jenis yaitu earplug busa, earplug yang sudah dibentuk dan earplug canal caps. Kelebihan dari earplug yaitu berukuran kecil sehingga mudah dan nyaman digunakan. Earplug ini kelebihannya juga dapat digunakan di lingkungan kerja yang lembab maupun panas. Untuk kekurangan dari earplug yaitu tidak dapat digunakan di lingkungan kerja yang memiliki tingkat kebisingan di atas 105 desibel. Earplug ini ada yang bersifat reuse atau dapat digunakan berkali-kali seperti contoh pada gambar di atas yang terbuat dari bahan karet sehingga dapat dicuci dan digunakan kembali, sedangkan yang berbahan busa (yang tidak menggunakan tali) hanya dapat digunakan 1 kali. 

 

Membedakan Earmuff dan Earplug 

Walaupun keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai pelindung telinga, namun kamu harus bisa membedakan antara earmuff dan earplug. Yuk, simak perbedaannya di bawah ini!

1. Modelnya

Earmuff memiliki bentuk lebih besar daripada earplug. Earmuff memiliki satu ukuran, sedangkan earplug harus menyesuaikan dengan lubang telinga pengguna. Earmuff memiliki gagang dan dua bantalan penutup telinga, sedangkan earplug memiliki tali yang berfungsi sebagai penyantol di leher ketika sedang tidak digunakan. Earmuff memiliki banyak variasi seperti model dan warna, sehingga mudah menemukan earmuff di pasaran. Untuk earplug sendiri memiliki model dan warna yang terbatas, sehingga agak sulit untuk menemukan alat ini di pasaran.

2. Perlindungan yang diberikan

Earmuff memberikan perlindungan yang lebih besar daripada earplug karena ukurannya yang lebih besar. Selain itu, memiliki bantalan empuk untuk melindungi daun telinga secara keseluruhan, sedangkan earplug hanya untuk menutupi lubang telinga saja. Earmuff sangat aman juga digunakan pada bayi karena tidak menyakiti telinga, sekalipun penggunaan lama akan tetap nyaman. 

3. Kemudahan Pengguna

Earmuff lebih praktis digunakan daripada earplug, karena earmuff bisa langsung pasang dan gagangnya bisa disesuaikan dengan besar kepala pengguna. Untuk earplug walaupun sudah disesuaikan dengan ukuran lubang telinga pengguna, tapi masih bisa terlepas atau bahkan masuk ke dalam telinga saat menggunakannya karena bentuknya yang sangat kecil.  

 

Itulah di atas penjelasan perbedaan earmuff dan earplug. Keduanya memiliki fungsi sangat penting untuk melindungi telinga dari risiko kebisingan. Jika di tempat bekerja kamu belum menyediakan alat pelindung pendengaran, sebaiknya kamu dapat mempertimbangkan untuk membelinya dengan uang pribadi terlebih dahulu. Hal tersebut untuk melindungi kesehatan pendengaran kamu dalam jangka waktu panjang. Tidak perlu khawatir untuk mencari alat pelindung pendengaran, kamu mudah temukan dan membelinya via online di Shopee Safety World atau di Tokopedia Safety World