Selamat datang di Safety World Indonesia. Dapatkan Penawaran Produk Safety Terbaik Disini

Kontak & Dukungan

021-62321010 sales@safetyworld.co.id

13 Jenis Alat Pelindung Diri (APD) K3 dan Fungsinya

1 year ago - Penulis Kevin Chandra
13 Jenis Alat Pelindung Diri (APD) K3 dan Fungsinya

Penggunaan alat pelindung diri (APD) menjadi salah satu faktor terpenting dalam memenuhi standar operasional (SOP) bekerja di lapangan. Bekerja tidak hanya soal menyelesaikan pekerjaan, tapi juga harus memastikan Kesehatan dan Keselamatan Kerjanya (K3). Namun mungkin belum semua pekerja dan perusahaan aware mengenai apa saja APD yang tepat untuk digunakan, beserta fungsinya. Berikut ini rekomendasi APD K3 dan fungsinya yang kami rangkum untuk Anda.

Pelindung Kepala

Helm Proyek Murah

Alat pelindung kepala merupakan salah satu alat pelindung diri (APD) terpenting dan wajib dipakai oleh pekerja. Terdapat resiko kerja yang berbeda-beda di setiap lingkungan kerja, sehingga penggunaan perlengkapan safety seperti pelindung kepala ini sangat penting untuk meminimalisir resiko cedera akibat kecelakaan kerja.

Fungsi Helm Safety

Helm safety berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan benda tajam maupun tumpul. Ada juga pelindung kepala di area kerja yang rentan akan bahan kimia, berfungsi untuk melindungi kepala dari percikan zat kimia berbahaya. Selain itu, helm safety juga berfungsi untuk melindungi kepala dari area bertekanan panas tinggi atau suhu extreme lainnya. Di beberapa area kerja, selain menggunakan helm safety kamu harus menggunakan APD lain, seperti pelindung telinga, sarung tangan, pelindung mata atau lainnya.

Produk Helm Safety

Beberapa produk kategori helm seperti helm proyek, aksesoris helm dan helm kebakaran. Aksesoris helm sendiri terdiri dari suspensi dan tali dagu. Dapatkan produk pelindung kepala yang anda butuhkan hanya di safetyworld.co.id. Di Safety world, semua kebutuhan perlengkapan safety anda dapat kami penuhi, tentunya dengan harga yang terjangkau karena Safety World, The Real Safety Connection!

Pelindung Wajah

Kedok Las Murah

Pelindung wajah atau disebut juga face protection merupakan salah satu alat pelindung diri (APD) yang wajib dipakai oleh pekerja di beberapa area kerja. Kegiatan seperti pengelasan merupakan salah satu contoh dimana pelindung wajah atau face protection sangat perlu dipakai.

PPE Face Protection

Beberapa produk personal protective equipment (PPE) Face protection yaitu kedok las atau helm las dan face shield. Untuk melindungi wajah, tidak hanya produk tersebut yang perlu digunakan, namun juga harus memakai pelindung mata untuk perlindungan lebih maksimal.

Fungsi Kedok las

Kedok las atau helm las biasa digunakan oleh pekerja dalam kegiatan pengelasan dan gerinda, untuk melindungi wajah dan mata dari percikan benda logam, api panas, serta melindungi dari radiasi sinar ultraviolet. Dapatkan produk pelindung wajah dan pelindung mata yang anda butuhkan hanya di Safety World, dimana semua kebutuhan perlengkapan safety kamu dapat kami penuhi, tentunya dengan harga yang terjangkau karena Safety World, The Real Safety Connection!

Pelindung Mata

Kacamata Safety

Spectacles dan safety goggles adalah 2 jenis kacamata pelindung yang mana merupakan salah satu alat pelindung diri terpenting saat bekerja. Dua jenis kacamata ini merupakan yang paling umum dan paling sering ditemui serta digunakan oleh para pekerja.

Fungsi Pelindung Mata

Pelindung mata berfungsi untuk melindungi mata kamu dari debu, partikel berbahaya lainnya serta percikan benda kecil, panas dan juga uap. Selain itu, pelindung mata juga melindungi mata dari sinar Ultraviolet (Sinar UV). Pelindung mata membuat kamu lebih aman dan nyaman saat bekerja, karena dapat melindungi dari resiko cedera ringan hinga berat dan melindungi dari sinar radiasi.

Perbedaan Spectacles dan Safety Goggles

Spectacles merupakan kacamata pelindung yang biasanya menggunakan frame berupa besi atau plastik dan kompatibel dengan berbagai jenis lensa. Sedangkan untuk safety goggles sendiri dirancang sesuai dengan bentuk wajah pengguna, dengan frame area mata menempel di wajah dan menggunakan tali sebagai pengikat ke bagian belakang kepala. Di beberapa area kerja, selain menggunakan spectacles atau safety goggles kamu harus menggunakan APD lain, seperti pelindung telinga, sarung tangan, helm safety atau lainnya.

Pelindung Telinga

Jual Earmuff

Alat Pelindung telinga atau hearing protection adalah alat pelindung diri yang digunakan untuk mengurangi tingkat kebisingan yang masuk ke telinga agar tidak sampai merusak pendengaran. Kemampuan pendengaran kita menerima suara adalah 85 desibel, jika suara di area kerja kita lebih dari 85 desibel maka kita harus menggunakan alat pelindung telinga.

Jenis – jenis hearing protection

Secara umum ada 2 jenis hearing protection, yang pertama adalah earplug dan yang kedua adalah earmuff. Apa perbedaan earplug dan earmuff? Earplug digunakan untuk memblokir suara masuk ke telinga kita dengan menyumbatnya ke dalam lubang telinga kita. Biasanya earplug berbentuk seperti busa dan hanya untuk sekali pakai. Sedangkan untuk earmuff adalah penutup telinga dengan bahan lembut, yang digunakan untuk mengurangi tingkat kebisingan yang masuk ke telinga kita dengan cara pakai menutup seluruh area telinga.

Cara memilih alat pelindung telinga yang benar

Salah satu faktor penting untuk melindungi pendengaran kita saat bekerja adalah dengan cara memilih alat pelindung telinga yang benar. Cara pertama adalah dengan memilih alat penutup telinga yang sesuai kebutuhan, mulai dari apakah kamu memilih earplug ataulah earmuff. Kedua, pilih pelindung telinga yang dapat mengurangi tingkat desibel sesuai kebutuhan dan kenyamanan kamu. Terakhir, pilih alat penutup telinga yang nyaman dipakai, karena semakin nyaman alat pelindung diri yang kamu gunakan, semakin aman kamu saat bekerja. Jangan lupa menggunakan APD lainnya jika memang diperlukan, seperti masker, sarung tangan atau yang lainnya.

Sarung Tangan Safety

Sarung Tangan Safety

Penggunaan sarung tangan safety atau hand gloves sangat penting bagi pekerja industri seperti bidang konstruksi, petrokimia, makanan dan minuman, pertambangan, minyak dan gas, otomotif dan lainnya. Terdapat banyak tipe sarung tangan safety, untuk itu kamu harus tahu mana yang sesuai dan cocok dengan lingkungan pekerjaan kamu. Jika lingkungan kerja kamu banyak berkaitan dengan oli, minyak, maka gunakan lah sarung tangan dengan grip yang kuat, anti slip, sehingga daya cengkram nya lebih kuat. Jika bekerja di PLN atau yang berkaitan dengan tegangan listrik, makan gunakan lah sarung tangan listrik atau sarung tangan elektrik sehingga menghindari dari resiko cedera seperti tersetrum. Ada juga sarung tangan anti sayatan atau biasa disebut cut resistant gloves, dimana sarung tangan ini memiliki tingkat ketahanan yang kuat terhadap goresan atau sayatan benda tajam. Jangan lupa menggunakan APD lainnya jika memang diperlukan, seperti masker, baju pelindung atau yang lainnya.

Masker & Respirator

Masker N95

Kegunaan masker dan respirator adalah untuk melindungi pernapasan dari partikel berbahaya seperti debu, bakteri, virus dan partikel udara berbahaya lainnya. Pemakaian masker dan respirator juga merupakan salah satu syarat untuk memenuhi syarat kesehatan dan keselamatan kerja atau K3. Biasanya perusahaan memiliki aturan dan standar operasional (SOP) untuk penggunaan safety equipment (PPE) atau alat pelindung diri (APD), salah satunya pemakaian masker atau respirator.

Jenis – jenis masker

Ada 2 jenis masker berdasarkan kegunaan, diantara nya masker sekali pakai dan reusable respirator atau masker yang bisa digunakan kembali. Sedangkan dari segi standar, ada masker 3 ply, masker 4ply, masker KN95, masker N95 dan masker FFP2. Masing-masing memiliki fungsinya sendiri dan dapat digunakan sesuai kebutuhan area kerja.

Cara pemakaian masker yang benar

Terdapat beberapa jenis masker atau respirator, namun biasanya orang belum benar-benar memahami tentang cara pemakaian masker yang benar. Pada umumnya, cara memakai masker yang benar adalah dengan menutupi area wajah mulai dari pangkal hidung hingga dagu. Seluruh area harus tertutup rapat, baik itu bagian atas pangkal hidung, samping hidung, hingga di bagian bawah dagu. Hal tersebut bertujuan agar droplet atau partikel berbahaya di udara tidak masuk melalui sisi yang terbuka. Jika anda bekerja diruang terbatas dan melakukan upaya penyelamatan, atau jika anda pemadam kebakaran, maka yang cocok adalah penggunaan SCBA atau PAPR.

Alat Perlindungan Pernapasan

Jual SCBA

Selain masker, ada juga alat perlindungan pernapasan lainnya yang ada dijual di safetyworld, diantaranya Self Contained Breathing Apparatus (SCBA), dan juga Powered Air-Purifying Respirator.

Apa itu Self Contained Breathing Apparatus (SCBA)?

Salah satu alat bantu pernapasan yang sering dicari yaitu Self Contained Breathing Apparatus atau biasa disebut SCBA. Produk SCBA adalah produk alat bantu pernapasan yang berisi udara segar didalam tabung silinder dan digunakan dalam jangka waktu tertentu.

SCBA biasanya digunakan oleh petugas rescue, pemadam kebakaran dan lainnya serta digunakan di area kerja dengan kontaminasi udara sangat tinggi, seperti uap dan gas tertentu yang dapat merusak kulit. Untuk menghindari potensi bahaya dari kontaminasi udara tersebut, kamu perlu menggunakan APD lain seperti baju pelindung atau pakaian APD yang tepat.

Jenis SCBA pada umumnya

Jenis SCBA yang pada umumnya digunakan adalah SCBA Rescue unit. Sesuai dengan namanya, SCBA jenis ini digunakan sebagai alat bantu pernapasan saat sedang melakukan proses penyelamatan atau saat bekerja di lingkungan yang terpapar gas berbahaya. Batas waktu optimal pemakaian alat bantu pernapasan ini sekitar 30 menit.

Apa itu Powered Air-Purifying Respirator (PAPR)?

Mungkin beberapa orang belum mengetahui apa itu Powered Air-Purifying Respirator atau biasa disebut PAPR. Berbeda dengan masker dan respirator biasa, Powered Air-Purifying Respirator atau PAPR adalah alat bantu pernapasan bertenaga yang memurnikan udara menggunakan pompa udara untuk mendorong atau menarik udara menuju respirator atau penyaring. Beberapa bentuk PAPR pada umumnya yaitu half mask, full facepiece, loose fitting facepiece helmets or hoods. Umumnya, pompa atau blower udara PAPR menggunakan baterai. NIOSH hanya mensyaratkan bahwa PAPR harus menggunakan HEPA filter efisiensi tinggi yang sudah diuji ketahanannya terhadap panas pada kondisi uji yang sudah ditetapkan. Karena PAPR adalah sistem pemurnian udara maka PAPR tidak boleh digunakan pada area Immediate Dangerous to Life and Health (IDLH) atau pada area dengan kondisi atmosfernya mengandung oksigen di bawah 19.5%.

Baju Pelindung

Baju Hazmat Coverall

Untuk mengupayakan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) diperlukan kedisiplinan dalam mentaati standar operasional (SOP) yang telah ditetapkan, seperti memakai alat pelindung diri (APD) yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satu APD yang wajib digunakan oleh pekerja adalah  pelindung atau biasa disebut baju coverall. Fungsi penggunaan baju pelindung adalah bisa menghindari kamu dari resiko cedera saat bekerja seperti bahaya dari panas, paparan api, listrik, cairan kimia berbahaya, paparan logam dan lainnya.

Jika dikelompokan berdasarkan lingkungan kerjanya, baju pelindung dapat dibagi menjadi:

  • Baju pelindung dengan bahan tahan air: Digunakan untuk area kerja lembab dan basah.
  • Bahan tahan api: fire resistant, bahan baju ini tidak mudah terbakar api sesuai namanya.
  • Visibilitas tinggi: Baju pelindung dengan pita reflective, digunakan untuk pekerja di area gelap dan sering dilalui kendaraan.
  • Fitur tambahan dilutut: cocok untuk pekerja yang sering aktivitas membungkuk atau berlutut saat bekerja dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Desain warna berbeda: Biasanya digunakan untuk mengidentifikasi pengguna berdasarkan divisi atau jenis pekerjaan tertentu. Perbedaan warna pada baju coverall sendiri akan membantu dalam proses pengawasan.

Jual Baju Wearpack Safety

Safety World sebagai supplier alat safety dan toko alat safety, jual baju wearpack safety yang saat ini banyak dicari. Baju coverall atau wearpack ini biasanya digunakan sebagai seragam pekerja seperti pekerja otomotif, pekerja tambang, seragam pertamina dan lainnya. Ready stok untuk berbagai pilihan warna baju wearpack. Jangan lupa menggunakan APD lainnya jika memang diperlukan, seperti masker, sarung tangan, sepatu safety dan lainnya.

Sepatu Safety

Harga Sepatu Safety

Dari berbagai jenis alat safety atau APD, alat pelindung kaki atau sepatu safety merupakan APD yang paling sering digunakan. Hal tersebut karena baik itu pekerja di berbagai industri seperti pekerja proyek, pekerja tambang, mekanik dan lainnya, pasti menggunakan sepatu safety di setiap aktivitas pekerjaannya. Jika sudah memasuki area bekerja, penggunaan sepatu safety merupakan hal wajib dan diatur oleh HSE masing- masing perusahaan.

Rekomendasi Merk Sepatu Safety

Beberapa rekomendasi merk sepatu safety yang dijual oleh Safety World yaitu, Kings, Cheetah, Jogger, Dr. Osha, Krusher, Caterpillar, pakalolo, Redwing dan lainnya. Brand-brand ternama tersebut sudah dikenal oleh banyak orang dan bahkan ada yang sudah beroperasi hingga puluhan tahun. Untuk itu, kualitas bahan yang mereka jual juga merupakan yang terbaik di kelasnya.

Sepatu Safety Wanita

Semakin berkembangnya sektor perindustrian di Indonesia, saat ini tidak hanya pria, namun banyak wanita yang bekerja di sektor K3 dan membutuhkan sepatu safety wanita. Untuk itu beberapa brand sepatu safety yang telah disebutkan tadi juga jual sepatu safety wanita. Selain menggunakan sepaty safety, jangan lupa menggunakan APD lainnya jika memang diperlukan, seperti masker, sarung tangan, baju wearpack safety, dan lainnya.

Alat Pelindung Jatuh

Body Harness

Alat pelindung jatuh atau fall protection adalah alat pelindung diri untuk bekerja di ketinggian. Fungsi alat ini adalah untuk mengurangi resiko jatuh atau cedera saat jatuh di ketinggian. Selain itu, alat ini juga membuat pekerja lebih aman dan nyaman saat bekerja. Jika berdasarkan aturan Permenaker yang terbaru, jika bekerja diatas permukaan tanah atau air yang terdapat perbedaan ketinggian maka itu sudah dikategorikan sebagai bekerja di ketinggian dan wajib menggunakan APD yang sesuai.

Jenis-jenis APD Bekerja di Ketinggian

Ada beberapa jenis APD bekerja di ketinggian yang umum digunakan dan dikenal dengan singkatan ABC, Anchor (Anchor Point), Body Harness, dan Connector (Lanyard). Secara garis besar, anchor adalah titik tambat dimana saat bekerja di ketinggian anchor berfungsi sebagai penahan dari kemungkinan jatuh. Biasanya anchor setidaknya harus mampu menahan beban 3,5 kN (363 kg) atau setara dengan empat kali berat pekerja. Sedangkan, jika anchor digunakan sebagai penahan jatuh, maka alat tersebut harus mendukung setidaknya 22 kN (2,5 ton).

Fungsi Full Body Harness adalah untuk melindungi seluruh bagian tubuh mulai dari bahu, dada, paha, panggul, sehingga lebih aman saat bekerja di ketinggian. Jika anda memakai full body harness, jangan lupa untuk memasangkan D-ring dengan lanyard, lifeline atau komponen lain yang kompatibel.

Istilah Connector untuk APD bekerja di ketinggian mewakili Lanyard dan Self Retractable Lanyard (SRL). Lanyard adalah tali penghubung atau tali pengikat yang berfungsi untuk menahan guncangan saat jatuh bebas. Jika panjang lanyard sekitar 1,2 meter, SRL memiliki panjang lebih beragam, bisa 6-25 meter. Cara kerja SRL seperti seat belt mobil, dimana ketika pekerja melakukan gerakan vertical atau horizontal, maka tali SRL  akan memanjang atau menarik kembali ke kondisi semula secara otomatis dan akan mengunci apabila terjadi tarikan secara tiba-tiba (pekerja jatuh).

Panduan singkat bekerja diketinggian:

  • Memahami rencana perlindungan jatuh yang dirancang perusahaan.
  • Mengikuti bekerja di ketinggian, meliputi penggunaan alat pelindung jatuh, bekerja pada perancah, lift atau tangga.
  • Pastikan Anda memiliki Surat Izin Kerja untuk bekerja di ketinggian.
  • Amankan lokasi untuk bekerja di ketinggian.
  • Gunakan alat pelindung jatuh saat bekerja di ketinggian. Pastikan Anda menggunakan alat pelindung jatuh yang tepat dan peralatan dalam kondisi baik.
  • Periksa alat pelindung jatuh sebelum digunakan.
  • Kaitkan hook/ pengait di atas kepala atau setidaknya sejajar dengan dada untuk mengurangi besarnya hentakan saat terjatuh.
  • Bila menggunakan perancah, pastikan perancah terpasang aman dan kuat, pijakannya stabil, dan terpasang pagar pengaman. Mintalah pengawas untuk memeriksa lokasi dan pemasangan rambu K3 perancah.
  • Pilih tangga yang standar untuk bekerja di ketinggian, perhatikan sudut kemiringan dan posisi tangga harus stabil serta pastikan tangga dalam kondisi baik.
  • Setelah pekerjaan selesai, bersihkan area kerja dan rapikan peralatan seperti semula.
  • Laporkan pada atasan jika Anda menemukan potensi bahaya terjatuh atau kecelakaan terjatuh di area kerja. Hentikan pekerjaan bila diperlukan sampai kondisi benar-benar aman untuk melanjutkan pekerjaan.

Harga full body harness dan harga lanyard di Safety World sangat bersaing dengan yang lain. Cek harga produk fall protection di website kami dan dapatkan harga terbaik!

Perlengkapan Darurat

haws 7500

Safety World jual emergency shower, eye wash, dan oil sorbent yang termasuk dalam kategori perlengkapan darurat atau emergency equipment. Produk-produk ini memiliki fungsi masing-masing tergantung kebutuhan anda.

Emergency Shower dan Eyewash

Emergency shower adalah alat safety yang digunakan saat keadaan darurat, ketika tubuh kamu baik itu tangan, kaki atau wajah terkena zat kimia berbahaya di pabrik, laboratorium atau industri kimia lainnya. Untuk pembersih matanya bisa menggunakan emergency eye wash, yang memiliki kemampuan untuk menyemprotkan air ke atas sehingga memudahkan kamu saat keadaan darurat. Pastikan kedua alat ini diletakkan di area yang memiliki drainase air yang baik dan tidak berdekatan dengan peralatan elektronik atau sumber listrik.

Jual Oil Sorbent

Oil sorbent merupakan alat yang saat ini banyak dipakai untuk menyerap minyak, menggantikan serbuk kayu atau pasir. Saat terjadi tumpahan minyak dan harus segera ditangani, maka anda harus menggunakan oil sorbent. Produk ini berbahan polypropylene, bekerja dengan menyerap tumpahan minyak hingga jenuh. Oil sorbent mampu menyerap minyak tanpa menyerap air, sehingga tidak akan tenggelam jika diletakkan diatas permukaan air.

oil sorbant pad

Jenis-jenis Oil Sorbent

Pada area tumpahan besar, ada beberapa jenis oil sorbent yang bisa digunakan, diantaranya oil sorbent pad, oil sorbent pillow, oil sorbent boom dan oil sorbent roll. Industri yang erat dengan minyak dan oli sangat direkomendasikan memiliki alat ini. Tentunya jika ingin mengaplikasikan produk ini di area yang berbahaya, kamu harus menggunakan APD lain seperti sarung tangan, sepatu safety dan lainnya untuk meminimalisir resiko kecelakaan kerja.

Alat Pendeteksi Gas

Gas Detector

Alat pendeteksi gas atau Gas detector adalah alat safety yang bekerja dengan cara mendeteksi berbagai gas yang ada di area sekitarnya. Alat ini digunakan di tempat yang rawan terjadi kebocoran gas seperti di pabrik, lokasi pertambangan, dan kilang minyak.

Fungsi Gas Detector

Jika berbicara tentang pencegahan dampak buruk kebocoran gas, alat pendeteksi gas atau gas detector dapat berfungsi melalui dua cara. Pertama, gas detector dipasang terhubung dengan sistem pengendali sehingga mesin atau alat tertentu langsung berhenti berfungsi secara otomatis sesaat setelah gas detector mendeteksi terjadinya kebocoran gas. Kedua, gas detector dapat memberikan tanda peringatan berupa alarm atau lampu yang menyala pada saat kebocoran gas terjadi sehingga orang yang berada di area tersebut mendapatkan peringatan untuk segera menyelamatkan diri.

Gas detector sangatlah penting karena banyak gas kimia beracun yang mungkin menyatu dengan udara dan membahayakan keselamatan manusia, terlebih di tempat yang terekspos bahan-bahan kimia. Gas detector dapat digunakan untuk mendeteksi sekurang-kurangnya tiga hal: gas yang mudah menyulut api, gas beracun, dan penipisan oksigen.

Cara menggunakan gas detector

Alat pendeteksi gas ini mendapatkan daya dari listrik dan ada pula yang menggunakan baterai. Cara kerjanya, pertama ketika detector mengukur konsentrasi gas di sebuah area, sensornya bereaksi terhadap gas kalibrasi yang akhirnya menunjuk pada skala tertentu. Tanda peringatan akan otomatis muncul ketika konsentrasi gas telah melewati batasan skala aman. Cara menjaga ketahanan gas detector tidak terlalu sulit, cukup dikalibrasi secara berkala untuk memastikan skalanya tetap akurat. Jangka waktu kalibrasi umumnya dilakukan per enam bulan atau per tahun.

AED (Alat Pacu Jantung)

AED Plus Zoll

Perangkat defibrilator yang dikenal dengan Automated External Defibrillator (AED) atau alat defibrilator otomatis adalah alat pacu jantung yang bisa digunakan oleh publik yang tidak memiliki latar belakang keilmuan medis/kesehatan. Alat ini bisa digunakan saat keluarga, kerabat terdekat atau rekan kerja di kantor mengalami henti jantung mendadak (sudden cardiac arrest). Orang yang menyaksikan atau berada disekitar korban bisa memberikan bantuan CPR dan kejutan listrik dari alat AED ini.

Training AED

Berdasarkan data statistik, 70%-80% kasus henti jantung mendadak (sudden cardiac arrest) berada di luar rumah sakit. Sehingga keterampilan atau skill tentang CPR atau RJP dan cara menggunakan alat defibrilator sangat penting untuk semua kalangan. Baik itu untuk anak-anak SD, remaja, orang tua maupun lansia. Oleh karena itu pelatihan CPR (training CPR) bersamaan dengan training menggunakan alat AED adalah hal yang wajib dipelajari oleh semua kalangan. Safety World sebagai salah satu market leader supplier alat safety pastinya jual produk AED ori dengan harga terbaik. Beli AED di Safety World dengan menghubungi contact kami yang tertera di website.

Pastikan menggunakan APD yang tepat sesuai dengan kebutuhan lingkungan kerja kamu. Terima kasih untuk membagikan artikel ini ke rekan-rekan safety kamu jika dirasa membantu atau berguna.